Beraksi di 6 TKP, Pelaku Curat Berhasil Diringkus

0
37

BengkuluKito.Com, – Pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) berinisial Wa (36) warga Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang, Jum’at (26/3/2021) sekitar pukul 23.45 WIB berhasil diringkus tim buser Satreskrim Polres Rejang Lebong tanpa perlawanan.

Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong AKP Rahmat Hadi menjelaskan, jika Wa bersama komplotannya yang saat ini diketahui dua orang masih DPO telah beraksi di 6 TKP berbeda dan TKP terakhir adalah Ruang Multi Media Sekolah MA Baitul Makmur, Desa Perbo Kecamatan Curup Utara.

Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong, AKP Rahmat Hadi.

Di lokasi tersebut, kata dia, Wa bersama komplotannya berhasil membawa kabur sejumlah barang bukti di antaranya 1 buah genset, 17 aerphone berikut speaker, serta sejumlah peralatan lainnya.

“Aksi pelaku bersama rekan-rekannya ini sudah berjalan sekitar setengah tahun. Untuk TKP setidaknya sudah ada 6 TKP yang mereka akui saat ini, dan TKP terakhir mereka sebelum pada Kamis malam (25/3/2021) adalah MA Baitul Makmur yang terletak di Desa Perbo Kecamatan Curup Utara,” jelas Kasat di ruang kerjanya, Senin (29/3/2021).

Ia menyebut, pelaku tidak sendirian dalam melancarkan aksinya, melainkan bersama 2 rekannya yang saat ini berstatus DPO.

Rahmat menambahkan, pelaku bukan hanya spesialis pembobol sekolah, melainkan juga pembobol rumah, hingga ruko dan salah satu ruko yang pernah dibobol pelaku adalah Indomaret Simpang Lebong.

Aksi pembobolan Indomaret tersebut dilakukan beberapa bulan sebelum pelaku membobol MA Baitul Makmur.

“Banyak lokasi dan juga bukan hanya sekolah tapi juga rumah dan ruko yang menjadi sasaran pelaku bersama komplotannya ini, pelaku adalah otak dari pencurian ini. Kita akan kenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara,” terangnya.

Dia menjelaskan, aksi pelaku ini terungkap bermula dari laporan pihak sekolah serta laporan dari sejumlah warga yang telah menjadi korban dari kejahatan pelaku serta bukti petunjuk berupa rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi pelaku.

Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan dan didapatkan identitas pelaku berinisial Wa warga Kayu Manis.

Baru pada Jum’at malam, lanjut Rahmat, penyidik berhasil mendapatkan informasi keberadaan pelaku yang sedang berada di rumah rekannya di Dusun Curup Kecamatan Curup Utara.

Tak menunggu lama, pihaknya langsung menangkap pelaku.

Selain mengamankan pelaku, tim buser Polres Rejang Lebong yang dipimpin langsung Kasat Reskrim juga mengamankan rekan pelaku berinisial AA (23) warga Kayu Manis.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, untuk terduga atas nama AA kita bebaskan karena tidak cukup bukti, untuk pelaku Wa perkara lanjut,” ujarnya.

Disampaikan Rahmat, tertangkapnya Wa ini tidak lepas dari informasi warga yang memberitahukan jika pelaku sedang berada di rumah rekannya di Dusun Curup.

“Selanjutnya pelaku kita amankan tanpa perlawanan, sedangkan barang bukti kita amankan dari rumah pelaku,” tandasnya. (CW3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here