Mantan Kapolda Resmi Dilantik Jadi Komisaris Independen Bank Bengkulu

0
61

BengkuluKito.Com, – Mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol (Purn) Supratman resmi dilantik sebagai Komisaris Independen PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu (Bank Bengkulu), Kamis pagi (18/3/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan langsung dilakukan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di lantai 7 Aula Graha Bank Bengkulu, di Jalan S. Parman Padang Jati.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat melantik Komisaris Independen Bank Bengkulu Irjen Pol (Purn) Supratman.

Disampaikan Rohidin, Bank Bengkulu dalam kondisi sehat, bahkan sekarang bisa membukukan laba lebih tinggi dibandingkan tahun kemarin.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
Undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Komisaris Independen PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu.
Gubernur bersama Direktur Utama dan Komisaris Bank Bengkulu, serta Wali Kota/Bupati se- Provinsi Bengkulu.

Bank Bengkulu ini, kata dia, sama dengan BPD di provinsi-provinsi lain, itu adalah bank milik pemerintah daerah yang merupakan representasi dari masyarakatnya.

“Ini yang harus kita bangun betul-betul. Sekali lagi ini yang harus kita bangun komitmennya, tanggung jawab moral kita,” ujarnya, usai pelantikan.

“Kalau dari sisi Bank Bengkulu, sesungguhnya dia tetap eksis, tetap survive. Artinya apa, dengan terbukti membukukan laba jauh lebih besar,” ungkap Rohidin.

Menurutnya, indikator-indikator lainnya juga jauh lebih baik.

“Saya yakin betul sebagaimana yang saya sampaikan tadi, ketika komitmen dari semua jajaran, baik komisaris, direksi, saya kira apapun persoalan bisa kita selesaikan dengan baik,” sampainya.

Rohidin menyebut, posisi (Bank Bengkulu) sekarang memang sudah berada pada posisi buku 2, tentu Bank Bengkulu harus mampu bertransformasi untuk membuat jenis-jenis layanan baru sesuai dengan kapasitas buku 2.

Termasuk, bagaimana meningkatkan mutu layanan, jenis-jenis layanan baru yang harus dikeluarkan oleh Bank Bengkulu.

“Tentu disamping bersiap, bagaimana laba terus didorong untuk menjadi lebih besar, dan modal inti juga bagaimana caranya semakin meningkat sebagaimana persyaratan dari putusan OJK,” kata dia.

Selain itu, Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim, berharap dukungan dari seluruh pihak untuk Bank Bengkulu semakin baik dan lebih cepat.

“Kalau kami ini kan sebenarnya pengoperasionalan, memang perlu dukungan dari seluruh stakeholder, baik para pemegang saham, masyarakat, termasuk awak media,” harapnya.

Kalau itu didukung, sambung dia, Bank Bengkulu akan tumbuh lebih baik dan lebih cepat.

“Salah satu wujud dukungan dari yang disampaikan pak gubernur, mereka akan menyurati para pelaku usaha untuk menggunakan Bank Bengkulu,” terangnya.

“Kalau bisnis kita tahun ini tetap naik, namun kalau ditambah dengan semua jajaran pemerintah maka makin lebih baik lagi,” katanya.

Harapannya, seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu sama-sama saling bahu membahu membangun aset-aset Bengkulu.

“Bank Bengkulu ini bukan milik kami pengurus, tetapi adalah milik masyarakat, milik kita bersama. Kita harus menyayangi satu-satunya bank daerah milik kita, Bank Bengkulu yang bisa dibanggakan,” ucapnya.

Terkait pelantikan komisaris independen, ia berharap dengan makin lengkapnya komisaris, pengawasan terhadap Bank Bengkulu akan makin lengkap dan komplit.

“Komisaris itu adalah wakil dari para pemegang saham,” tuturnya.

Sementara itu, Komisaris Independen Bank Bengkulu yang baru dilantik Irjen Pol (Purn) Supratman mengatakan, dirinya akan ikut mengawasi dinamika operasional yang ada di Bank Bengkulu.

“Saya ini kan komisaris independen, jadi dewan pengawas. Jadi kerja saya sama komisaris yang lain ikut mengawasi dinamika operasional penggunaan dana Bank Bengkulu,” jelasnya.

“Kalau saya ya pengawasan, do’akan lah mudah-mudahan Bank Bengkulu tambah maju, tambah tangguh,” lanjut Supratman.

Dia berharap, Bank Bengkulu yang sudah naik ke kelas 2 ini akan tetap bisa dipertahankan.

“Harapan saya, ya Bank Bengkulu kan Bank kita, kalau tidak kita siapa lagi yang memajukannya. Jadi ke depan kita berharap, bank kita ini sudah naik kelas 2, nah kita harus pertahankan itu,” tutupnya. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here