Dugaan Limbah Dialiri ke Sungai Bengkulu, Dewan Provinsi Kunjungi PT BBP

0
57

BengkuluKito.Com, – Guna mengetahui secara langsung dugaan pembuangan limbah pengelolaan karet ke sungai Bengkulu, anggota DPRD Provinsi Bengkulu mengunjungi PT Batanghari Bumi Pratama (BBP) di Bengkulu Tengah (Benteng), yang bergerak di bidang pengelolaan karet.

Dewan Provinsi saat kunjungan kerja ke PT BBP.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring, Kamis (25/2/2021).

“Kemarin kami melakukan kunjungan kerja dan pertemuan di PT Batanghari, salah satu perusahaan yang mengelola karet yang ada di Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

“Jika kunjungan kami di PT BAM waktu yang lalu membahas pencemaran air sungai Bengkulu, pada pertemuan kunjungan kerja lapangan kami ke PT BBP ini juga membahas limbah yang dihasilkan, yang juga dialiri ke sungai Bengkulu,” tambah Usin.

Pengelolaan limbah milik PT BBP.

Dijelaskannya, Pansus RPPLH bersama Pansus RT/RW membahas permasalahan tata ruang provinsi yang akan direvisi, apakah masih mumpuni menyikapi daya tampung dan daya dukung lokasi ini untuk mempertahankan pelestarian lingkungan hidup.

“Selesai meeting pada point-point isu strategis pada dokumen RPPLH, kami juga sempat meninjau pengelolaan limbah pabrik karet ini,” ungkapnya, yang juga menjabat Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu.

Ia menuturkan, sempat terfikir mengapa karet di Bengkulu dijual keluar Provinsi Bengkulu hanya sebagai bahan baku saja.

“Mengapa tidak ada yang berminat untuk membangun pabrik bahan jadi seperti produk ban, jok, dan produk turunan lainnya?,” tanya Usin.

“Perlu ada yang menjadi leadership dalam membangun Provinsi Bengkulu sebagai penerobos investasi industri,” tandasnya. (JR/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here