Susi Marleny Bachsin Salurkan 5 Ton Beras Bantuan kepada Kelompok Tani

0
66

BengkuluKito.Com, – Dalam rangka reses masa persidangan ke III tahun 2021, anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra Dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin menyalurkan bantuan beras sebanyak 5 ton kepada kelompok tani yang terdampak COVID-19.

Beras yang disalurkan langsung dibeli dari petani di Desa Lawang Agung Kecamatan Kedurang Bengkulu Selatan.

Penyaluran bantuan beras ini terbagi di dua lokasi, 2 ton di Bengkulu Selatan dan 3 ton di Kabupaten Kaur.

Susi Marleny Bachsin saat menyerahkan bantuan kepada kelompok wanita tani terdampak COVID-19.

Kegiatan reses dimulai pada 14 Februari 2021 di Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.

Lalu, di tanggal 15 februari 2021, Susi Marleny Bachsin melanjutkan resesnya ke Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur.

Dalam reses di dua desa tersebut, Susi Marleny Bachsin menerima berbagai aspirasi yang langsung disampaikan oleh puluhan kelompok tani dan wanita tani Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya, antara lain mengenai persoalan atau kendala yang dihadapi mereka di saat masa pandemi COVID-19.

Disampaikan Susi Marleny Bachsin, pandemi COVID-19 yang melanda Bangsa Indonesia sejak bulan Maret 2020 telah berdampak terhadap menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Susi Marleny Bachsin saat menyerap aspirasi warga.

Di mana, kata Susi, pada triwulan pertama tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya sebesar 2,97 persen, triwulan kedua 2020 turun hingga minus 5,32 persen dan triwulan ketiga 2020 minus 3,49 persen.

“Pandemi COVID-19 telah berdampak terhadap menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan tersebut tentunya juga terjadi di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

Di sisi lain, data BPS Provinsi Bengkulu mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Bengkulu Januari 2021 justru sebesar 124,91 atau naik 2,28 persen dibanding NTP bulan sebelumnya yang sebesar 122,12.

Kenaikan NTP ini dikarenakan Indeks Harga yang diterima petani (It) naik sebesar 2,50 persen, dan Indeks Harga yang dibayar petani (Ib) naik lebih rendah sebesar 0,21 persen.

Selain itu, Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Provinsi Bengkulu Januari 2021 sebesar 124,63 atau naik 2,28 persen dibanding NTUP bulan sebelumnya sebesar 121,85.

Melihat data tersebut, Susi Marleny Bachsin optimis pemulihan perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 dapat segera terwujud di Provinsi Bengkulu.

Ia menuturkan, saat ini tersedia alokasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mitra Komisi XI untuk dukungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, serta pembiayaan koperasi.

Untuk itu, Susi Marleny Bachsin berharap seluruh kelompok tani dan wanita tani di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur dapat memanfaatkan dana PEN dari mitra Komisi XI DPR RI tersebut dengan mengajukan permohonan melalui dirinya selaku anggota DPR RI Dapil Bengkulu.

Di akhir resesnya, Susi Marleny Bachsin juga memantau langsung kualitas serta harga beras di tingkat petani Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here