Seorang Wanita Diamankan, Polisi Temukan 2.550 Butir Pil Samcodin di Dalam Boneka Beruang

0
32

BengkuluKito.Com, – Seorang wanita berinisial LAM (49) warga Desa karang Endah, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang diamankan Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Kepahiang pada Selasa dini hari (19/1/2021).

Dua pelaku yang berhasil diamankan Tim Elang Jupi Polres Kepahiang.

Ia ditangkap lantaran terbukti menjual pil Samcodin.

Bersamanya turut diamankan Barang Bukti (BB) sebanyak 255 keping pil atau 2550 butir Samcodin, yang ditemukan di dalam boneka beruang.

Tindakan ini bertentangan dengan Pasal 197 Jo Pasal 198 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Pasal 197 berbunyi, ‘Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp. 1.500.000.000

Pasal 198, ‘Setiap orang yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan untuk melakukan praktik kefarmasian sebagaimana dimaksud dengan Pasal 108 dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp. 100 juta.

Kasat Reskrim Polres Kepahiang Iptu Welliwanto Malau, menjelaskan penangkapan LAM berawal dari hasil pengembangan Tim Elang Jupi yang mengamankan anak-anak muda yang sedang mabuk-mabukan di Desa Kuterejo pada malam Senin, 18 Januari 2021.

Setelah dilakukan pengembangan, didapat lah seseorang wanita yang menjual pil Samcodin tersebut.

“Setelah digeledah, ditemukan barang bukti sebanyak 255 keping pil atau sebanyak 2550 butir Samcodin yang disembunyikan di boneka beruang berwarna merah muda,” ungkapnya, dilansir dari tribratanewsbengkulu.com, Rabu (20/1/2021).

Saat diinterogasi, kata Kasat, LAM mengakui telah menjual pil Samcodin tersebut kepada anak-anak dan mendapatkan barang itu dari seorang laki-laki berinisial WES (32).

Selanjutnya, Tim Elang Jupi yang dipimpin Kasat Reskrim langsung ke Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah dan mengamankan WES.

“(WES) Dirinya mengaku telah menjual pil tersebut kepada LAM,” tandas Kasat Reskrim Kepahiang. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here