Masa Tenang, Polres Kepahiang Tingkatkan Patroli Cyber

0
17

BengkuluKito.Com, – Selama masa tenang Pemilukada 2020, Kepolisian Resort (Polres) Kepahiang meningkatkan patroli cyber.

Pemantauan dan pengawasan aktifitas dunia maya dilakukan jajaran kepolisian agar tidak ada aktivitas penyebaran hoaks, SARA, serta kejahatan cyber lainnya.

Kapolres Kepahiang AKBP Suparman mengatakan, H-3 Pilkada patroli cyber dilakukan untuk antisipasi penyebaran hoaks, ujaran kebencian, serta kampanye hitam maupun fitnah.

“Kita pantau secara penuh aktivitas di media sosial menjelang Pemilu ini, karena tensi politik terus memanas,” kata Kapolres, dilansir dari tribratanewsbengkulu.com, Selasa (8/12/2020).

Ia menuturkan, jika ada pelanggaran atau kejahatan cyber seperti terjadi ketersinggungan akibat saling menghujat melalui medsos hingga akhirnya menyebabkan bentrokan di dunia nyata, harus ditindak tegas.

“Semua bentuk kejahatan harus ditindak, kita antisipasi aktivitas di dunia maya, khusus bila terjadi saling hujat hingga menimbulkan kertersinggungan yang bisa berdampak pada keamanan daerah,” tuturnya.

Kapolres mengimbau, kepada warga internet (warganet) agar bijak dalam memanfaatkan internet atau media sosial.

Selain itu, jika ada informasi atau berita hoaks, ujaran kebencian maupun fitnah untuk segera melapor atau memberi tahu kepada netizen yang menyebar informasi tersebut agar menghapusnya.

“Sanksi jika menyebar hoaks di media sosial bisa terancam hukuman 10 tahun penjara. Untuk itu, saring sebelum sharing harus dilakukan netizen, sehingga dalam memanfaatkan teknologi komunikasi ini bisa lebih cerdas dan tidak mudah terprovokasi,” tandas Kapolres Kepahiang.(JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here