DPRD Provinsi Bakal Launching ‘Aplikasi Suara Rakyat’

0
36

BengkuluKito.Com, – Guna memudahkan masyarakat dalam menyampaikan tanggapan, laporan, maupun keluhan, DPRD Provinsi Bengkulu bakal melaunching ‘Aplikasi Suara Rakyat’, Jum’at (4/12/2020).

Hal ini disampaikan anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring, saat menggelar reses menyerap aspirasi masyarakat, Masa Persidangan ke III Tahun Sidang 2020, sejak tanggal 1-5 Desember 2020.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring bersama peserta reses.

“InsyaAllah, pertengahan Desember nanti kami bakal melaunching ‘Aplikasi Suara Rakyat’. Semua nanti warga kita di Provinsi Bengkulu, yang KTP nya KTP Provinsi Bengkulu bisa mendownload aplikasi suara rakyat,” ungkapnya, di Cafe Hipo de Corner.

Usin menuturkan, ide (aplikasi) itu dibuat agar DPRD bisa menerima semua tanggapan dari masyarakat Provinsi Bengkulu.

“Di dusun sana nggak perlu lagi datang ke DPRD Provinsi. Download aplikasinya suara rakyat, daftar nama, nomor KTP atau NIK, alamat, pekerjaan, nomor handphone, dan email, langsung bisa lapor, kapan pun 1X24 jam, tentang keluhan, masukan, atau ide,” jelasnya.

Ia menerangkan, cara mengelola aplikasi tersebut, nanti saat aplikasinya dibuka akan muncul nama-nama komisi beserta bidangnya masing-masing.

“Jadi nanti dibuka aplikasi, Komisi I Bidang Pemerintahan, Pertanahan, dan lainnya, Komisi II Bidang Ekonomi, Bank Bengkulu (BUMD), dan lainnya, Komisi III Bidang Infrastruktur, Lingkungan Hidup, Kehutanan, Perizinan, dan segala macamnya. Komisi IV Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan lainnya,” paparnya.

“Apapun masalahnya, tinggal kita pilih. Misal masalah jalan, pilih Komisi III laporkan. Pak lapor jalan ini rusak, upload poto jalannya dan itu langsung masuk ke administrasi DPRD,” tambah Politisi Partai Hanura ini.

Dia menyebut, Desember ini InsyaAllah aplikasi tersebut akan dilaunching.

“Jadi, Desember ini Insya Allah kita akan launching. Saya akan undang forum RT, saya akan undang beberapa perwakilan kepala desa untuk uji coba mendownload, dan kita akan ada download massal dan kita launchingkan di DPRD Provinsi,” terangnya.

Menurut Usin, kenapa aplikasi ini harus dibuat, karena semua informasi adalah hak. Semua keluhan, saran, pendapat, adalah hak yang diakui oleh undang-undang.

“Dan DPRD itu salah satunya saluran daripada informasi. Maka ini dibuat. InsyaAllah kalau ini kita launching, seluruh DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota, baru DPRD Provinsi Bengkulu yang pertama kali membuat aplikasi suara rakyat,” tuturnya.

“Jadi bisa masuk, nggak perlu lagi ngirim surat, lewat aplikasi sudah bisa masuk,” pungkas alumni Fakultas Hukum Unib ini. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here