Fraksi Gerindra Minta Pemda Gali dan Kembangkan Potensi Pendapatan Daerah

0
27

BengkuluKito.Com, – Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Bengkulu yang diwakili Irwan Eriadi meminta agar Pemerintah Daerah Bengkulu dapat menggali dan mengembangkan pendapatan daerah.

Demikian disampaikannya dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi, atas Rancangan APBD Provinsi Bengkulu TA 2021, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Kamis malam (26/11/2020).

Fraksi Gerindra saat menyampaikan pandangan umum fraksi.

Irwan mengatakan dalam hal ini Fraksi Partai Gerindra menyatakan,
1. Perumusan kebijakan pembangunan sebagaimana tercantum di dalam Rancangan APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2021 dijelaskan masih rendahnya:

1. Kualitas dan kuantitas layanan dasar,
2. Kapasitas infrastruktur dasar,
3. Kapasitas infrastruktur strategis dan berdaya saing,
4. Pengelolaan Kepariwisataan,
5. Peran Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan Koperasi,
6. Pencegahan Pandemi COVID-19.

Isu strategis di atas mengakibatkan RAPBD TA 2021 harus mampu membagi secara proporsional, prioritas di tengah keterbatasan keuangan daerah.

“Fraksi Gerindra menyadari sumber pendapatan daerah sebagian besar bersumber dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Irwan, Fraksi Gerindra meminta pemerintah daerah untuk melakukan upaya taktis dan strategis, serta kesungguhan untuk menggali dan mengembangkan potensi pendapatan daerah.

2. Sesuai dengan platform KUA-PPAS terdahulu tentang penambahan, perubahan, dan pergeseran, Fraksi Gerindra meminta kepada pemerintah daerah untuk konsisten menuangkan Perda dan rencana Pergub tentang APBD TA 2021.

3. Terhadap rencana belanja hibah Rp. 43.332.480.000, Fraksi Gerindra berpendapat penerima harus selektif dan transparan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

4. Terhadap porsi belanja tak terduga Rp. 8 miliar, Fraksi Gerindra menawari, akhir-akhir ini Provinsi Bengkulu banyak bencana yang tidak diduga. Misalnya banjir di beberapa tempat, longsor dan lain-lain.

“Di sini saya sampaikan, masih belum terbayarkan masalah dana hiba ke Pemda masing-masing. Tolong dicatat, apabila ada dana transfer dan bagi hasil, supaya mereka bisa bekerja sesuai dengan kegiatannya,” terang dia.

“Oleh karena itu dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Fraksi Gerindra Provinsi Bengkulu dapat menyetujui rancangan peraturan daerah untuk diadakan pembahasan selanjutnya,” tandas Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Bengkulu.

Selain itu, Fraksi Nasdem yang diwakili Tantawi Dali menuturkan pada RAPBD 21 pihaknya berharap dalam pelaksanaan dan pengelolaan nantinya tetap mengacu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fraksi Partai Nasdem melalui Tantawi Dali saat membacakan dan menyerahkan pandangan umum fraksi.

“Berdasarkan telaah yang telah dikemukakan, maka Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi Bengkulu dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, menyambut baik dan siap untuk membahas pada tahap berikutnya Rancangan Peraturan Daerah tentang Pelaksanaan RAPBD Provinsi Bengkulu TA 2021,” tutup Tantawi Dali. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here