DPRD Soroti Belanja Barang Jasa Pemprov Terlalu Besar

0
20

Bengkulukito.com – Belanja barang jasa sebesar Rp 637 miliar yang tertuang dalam salah satu belanja daerah pada Rancangan APBD Provinsi Bengkulu menjadi sorotan. Hal tersebut di ungkapkan oleh Anggota Badan Anggarn (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi.

Dijelaskan Edwar, berdasarkan Nota Pengantar Gubernur proyeksi pendapatan daerah sebesar Rp 3,062 triliun dengan rincian pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 948 miliar, pendapatan transfer sebesar Rp 2,1 triliun dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 1,068 miliar.

Sedangkan untuk belanja daerah sebesar Rp 3,052 triliun. Rinciannya, belanja operasi sebesar Rp 1,895 triliun yang terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 1,2 triliun, belanja barang dan jasa sebesar Rp 637 miliar, belanja hibah sebesar Rp 43,3 miliar.

“saya dengar dari pidato nota pengantar yang disampaikan Plt Gubernur itu yang janggal adalah belanja barang dan jasa mencapai Ro 637 miliar. Bagikan saja kurang lebih 41 OPD (organisasi perangkat daerah). Berarti rata-rata di OPD itu sebesar Rp 15,5 miliar, itu terlalu besar,” kata Edwar.

PLt Gubernur Propinsi Bengkulu menyampaikan Nota Pengantar RAPBD 2021 dalam Paripurna DPRD

Dilanjutkan Edwar, untuk belanja modal hanya Rp 736 miliar, belanja tidak terduga sebesar Rp 8 miliar, belanja transfer sebesar Rp 412 miliar.

“Masa belanja modal hanya Rp 736 miliar, sementara belanja barang dan jasa sebesar Rp 637 miliar, nanti akan kita evaluasi lagi saat dibahas di banggar,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah mengatakan kondisi perekonomian yang belum stabil akibat dampak Pandemi Covid-19 ini sangat mempengaruhi postur rancangan APBD Provinsi Bengkulu TA 2021.

Anggota DPRD Propinsi Mendengarkan Pidato Nota Pengantar RAPBD PLt. Gubernur

” karena sumber pendapatan daerah sebagian besar bersumber dari pemerintah pusat mengakibatkan gerak fiskal untuk menunjang pelaksanaan berbagai program pembangunan sangat terbatas. Lalu kegiatan pelayanan kepada masyarakat serta pelayanan kepemerintahan lainnya serta pembayaran utang,” jelas Plt Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here