Komunitas S3 Lembak Luncurkan Gerakan Lumbung Sedekah Pangan

0
112

BengkuluKito.Com, – Sebagai wujud kepedulian sesama dan mendukung program ketahanan pangan nasional, komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) Lembak Kabupaten Rejang Lebong meluncurkan Gerakan Lumbung Sedekah Pangan, Jum’at (30/10/2020).

“Program Lumbung Pangan ini memudahkan masyarakat dan dermawan untuk saling memberi dan menerima bantuan secara gratis. Mengingat kondisi wabah pandemi corona masih berlanjut, gerakan kebaikan harus terus dilanjutkan,” ujar Ketua S3 Ety Gustrianty, pada peresmian Gerakan Lumbung Pangan tahun 2020 di Masjid At Taqwa, Kelurahan Padang Ulak Tanding.

Gerakan Lumbung Sedekah Pangan, kata Ety, merupakan sinergi dari beberapa komunitas sosial antara lain MRI dan ACT yang menyediakan rak Lumbung Sedekah Pangan, yang didistribusikan ke komunitas sosial di beberapa wilayah, termasuk wilayah Lembak yang dikoordinir oleh komunitas S3 Lembak.

“Gerakan lumbung sedekah pangan itu berfungsi untuk menampung dan mendistribusikan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Ety menyebut, S3 Lembak telah memfasilitasi penyediaan rak kayu untuk menaruh pangan, di antaranya beras, minyak goreng, gula, sayur-sayuran mentah dan lain-lain.

“Rak tersebut diletakkan di posko-posko seperti Masjid Al Taqwa, komunitas, dan lainnya. Penerima bantuan sendiri adalah masyarakat prasejahtera di Lembak,” terang dia.

Dengan penyediaan rak tersebut, lanjut Ety, para donatur dapat meletakkan bantuan pangan yang diberikan dan penerima dapat mengambilnya.

Ia menambahkan, gerakan lumbung pangan juga merupakan bentuk kepedulian mendukung ketahanan pangan nasional.

Diharapkan, seluruh pihak dapat terlibat dan menggaungkan program itu untuk saling membantu dalam menghadapi permasalahan pangan di Indonesia.

“Ke depannya, kegiatan lumbung pangan tersebut akan diadakan secara merata di kecamatan yang ada di Lembak,” tutup Ety Gustrianty. (Yg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here