PT.AGRICINAL siapkan 2.400 Ha Lahan Inclave termasuk DAS

0
449

BengkuluKito.Com,- Hearing Komisi 1 bersama PT.Agricinal dan Kanwil BPN Propinsi Bengkulu tadi siang telah memberikan titik terang. Hasil pengukuran pada peta bidang yang dilakukan Tim BPN diperoleh informasi bahwa Lahan seluas 2.402 Hektar (Ha) bakal dilepaskan PT. Agricinal dari total Hak Guna Usaha (HGU) 8.902 Ha.

Informasi Ini disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, H. Badrun Insani, SH, MH usai hearing Perwakilan Kanwil Badan Pertanahan Nasional Propinsi Bengkulu bersama manajemen PT Agricinal dan BPN Provinsi, Senin (26/10).

“Barusan PT. Agricinal telah memenuhi undangan kedua kami dan BPN Provinsi telah memenuhi undangan kita terkait tuntutan warga 5 desa, PT. Agricinal memberikan tanggapan atas tuntutan warga ” terang Badrun Hasani.

Ditambahkan Badrun, PT Agricinal akan melepaskan lahan untuk kebun kas 5 desa itu totalnya seluas 75 Ha, setiap desa akan di redistribusi lahan 15 Ha.

“Untuk Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) totalnya 10 Ha. Kemudian permintaan khusus desa Pasar Sebelat, diakomodir seluas 1 Ha untuk pemakaman umum,” kata Badrun.

Untuk warga yang telah menggarap HGU perusahaan selama ini, PT. Agricinal bakal melepaskan atau menginclovekan lahan seluas 1.200 Ha.

“Jadi dari luas HGU yang bakal dilepaskan perusahaan untuk kepentingan warga 5 desa tersebut, totalnya seluas 1.286 Ha. Selain itu juga bakal dilepaskan HGU seluas 1.116 Ha untuk DAS dan Pantai. total HGU akan dikurangi seluas 2.402 Ha,” beber Advokat non aktiv ini.

Komisi 1 DPRD Propinsi Bengkulu tinggal menunggu pendataan dari masyarakat serta data kongkrit dari perusahaan berkaitan masalah HGU serta Plasma di 5 desa tersebut. (CW1).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here