Terpilih Ketua Pansus Raperda RPPLH, Usin : Buka Peran Serta Masyarakat

0
28

BengkuluKito.Com,- Setelah PLt.Gubernur Propinsi Bengkulu menyampaikan tanggapannya tentang Rancangan Perda Rencana Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (RPPLH) dalam Rapat Paripurna ke-7 kemarin, DPRD Propinsi Bengkulu langsung menyepakati pembentukan Panitia Khusus (Pansus) dalam menyusun Raperda tersebut.

Pansus yang beranggotakan 13 orang tersebut secara aklamasi memilih Usin Abdisyah Putra Sembiring,SH menjadi Ketua dan Dempo Exler sebagai Wakil Ketua bersama 11 anggota lainnya yakni Edward Samsi, Sudirman Alip, Badrun Hasani, Darmawansyah, Zulasmi Oktarina, Sarjoni Hanafi, Muharramin, A.Salim, Zainal dan Gunadi Yunir.

“Setelah terbentuk pansus ini, kami akan bekerja dalam waktu dekat kita akan mengundang Mitra OPD leading sektor dan lainnya untuk mendengarkan bagaimana rancangan perda dan substansi serta batang tubuh Raperda ini” terang Usin Abdisyah Putra Sembiring,SH melalui sambungan telpon.

Disamping mengundang Mitra OPD, Pansus akan mengundang stakeholder (para pihak) yang berkompeten pada Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup seperti perusahaan Pertambangan, perkebunan, Pengelolaan hasil hutan dan aliran sungai serta organisasi masyarakat sipil.

”kita juga akan mengundang gabungan perusahaan pertambangan, perkebunan, pabrik, PLTU dan perusahaan yang diberikan hak atas hasil hutan serta organisasi masyarakat sipil (OMS) yang fokus pada lingkungan hidup untuk memberikan masukan dan peran serta mereka dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup” papar Ketua Pansus Usin Abdisyah Putra Sembiring,SH.

Ditambahkan Usin, Rencana Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup tidak bisa dirumuskan sepihak, harus melibatkan bahagian masyarakat yang selama ini fokus dan sebagai pemerhati lingkungan hidup untuk memberikan sumbang saran dan terlibat aktiv didalamnya.

“Kita buka ruang seluas-luasnya dalam penyusunan perda ini, kita akan berikan ruang dalam perda agar terbentuk komite atau apa penyebutannya yang tergabung semua unsur Pemerintah, Penegak Hukum, Pakar, Ahli, perusahaan/gabungan perusahaan serta organisasi masyarakat dalam monitoring, pengawasan sampai penertiban atau penindakan dalam perlindungan lingkungan hidup” tutup Bang Usin yang berasal dari Advokat ini.

Dalam agendanya, Pansus akan mengundang rapat Mitra OPD pada hari senin depan (26/10/2020). (ARL)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here