Terkait Ricuh HGU, Komisi 1 DPRD Propinsi Bengkulu Panggil PT.Agricinal

0
57

BengkuluKito.Com,- Beberapa waktu yang lalu telah terjadi kericuhan permasalahan tuntutan masyarakat desa penyanggah perkebunan antara Front Pekal Bersatu dengan PT.Agricinal menyebabkan beberapa kerusakan fasilitas perusahaan direspon oleh DPRD Propinsi dalam hal ini Komisi 1.

Salah satu anggota Komisi 1 Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH menyampaikan Komisi 1 telah menerima surat dari Masyarakat Pekal tentang beberapa tuntutan untuk pengembalian lahan ulayat masyarakat adat Pekal dan tuntutan lainnya.

“Ya, kita sudah menerima surat dari masyarakat pekal desa penyanggah kepada Ketua DPRD dan diteruskan pada kami komisi 1, saya juga sudah melaporkan kepada ibu Sri Rezeki sebagai Ketua Komisi 1 untuk Memanggil pihak-pihak terkait” terang Usin abdisyah putra sembiring,SH.

Ditambahkannya, Pihak Terkait yang dimaksud adalah PT.Agricinal sebagai pemegang HGU, Perwakilan Maayarakat 7 desa penyanggah, pengurus front masyarakat pekal bersatu, Camat dan Badan Pertanahan Propinsi serta Panitia B.

“Untuk hari senin (19/10/2020) kami mengundang terlebih dahulu pihak PT.Agricinal, lalu besok (selasa,20/10/2020) kami akan mengundang perwakilan 7 desa penyanggah, Kanwil BPN dan Panitia B terkait dengan Perpanjangan HGU PT.Agricinal” jelas Bang Usin yang juga dikenal dikalangan petani.

“Komisi 1 ingin mendengar dari semua pihak yang berkepentingan atas HGU yang akan habis ini, kita kaji dulu keberadaan perusahaan apakah memberikan manfaat atau justru memberikan dampak kemerosotan ekonomi dan sosial masyarakat” jelas Usin.

Diketahui, HGU PT.Agricinal saat ini sedang proses perpanjangan dan terkait perpanjangan ini telah diproses oleh Badan Pertanahan Nasional. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here