Plt Sekretaris BNPP: Enggano Miliki Potensi Jadi SKPT

0
21

BengkuluKito.Com, – Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro menyebut, Pulau Enggano memiliki potensi untuk menjadi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri (kiri) bersama Plt Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro (kanan).

Hal ini disampaikannya saat Rapat Teknis Kebijakan Penataan Ruang Kawasan Perbatasan Negara di Provinsi Bengkulu dengan Laut Lepas, Jumat (9/10/2020).

“Menurut saya Enggano ke depan itu harus berbasis perikanan dan pariwisata. Semua infrastruktur harus mengarah ke sana, jadi ini harus bahu-membahu baik Kabupatennya Bengkulu Utara dan provinsi,” ujarnya.

Mencontoh SKPT di Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, terang Suhajar, di mana dengan sistem terintegrasi dalam satu tempat, semua hasil perikanan akan diolah dan langsung diekspor dengan nilai jual yang menguntungkan nelayan.

“Perikanan ini potensinya luar bisa, sesuai perintah presiden yaitu membangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu. Contoh keberhasilannya di Morotai, mulai menangkap, mendaratkan ikan, pabrik esnya, SPBU, sampai pabrik pengolah menjadi produk ekspor di satu tempat. Nelayan mendapatkan harga jual yang layak, kalau ini bisa jadi motivasi ayo kita tiru,” papar dia.

Dilain sisi, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menyambut baik yang disampaikan pihak BNPP terkait potensi Pulau Enggano menjadi SKPT.

Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri.

Ia pun yakin dengan potensi Enggano, ke depannya Bengkulu dapat menjadi beranda terdepan membuka akses untuk wilayah tengah Indonesia.

“Kita menyambut baik karena adalah salah satu pulau terluar kita yaitu Pulau Enggano. Tentu sangat menguntungkan kita, apa lagi dengan adanya Tol Laut ini karena kita sangat membutuhkan itu untuk Provinsi Bengkulu, untuk membuka kawasan Indonesia Tengah ini melalui Bengkulu,” jelas Hamka. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here