Kuasa Hukum Pertanyakan Kejelasan Status Lahan Pemkot Bengkulu

0
147

BengkuluKito.Com, – Deden Abdul Hakim selaku Kuasa Hukum terdakwa dugaan penjualan aset milik Pemerintah Kota Bengkulu, Dewi Hastuti, mempertanyakan kejelasan status lahan seluas 8,6 hektare tersebut.

Hal ini disampaikannya usai digelar sidang perdana pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bengkulu, Rabu (23/9/2020).

Dikatakan Deden, dalam perkara ini penuntut umum menyusun dakwaan atas dasar dugaan-dugaan.

“Kenapa kami katakan dugaan-dugaan, karena terkait yang dikatakan aset pemerintah daerah yang menjadi dasar sebabnya kerugian negara itu belum diuji di pengadilan atau didasarkan oleh bukti yang benar-benar valid mengenai status lahan itu,” sampainya.

Kenapa begitu? lanjut Deden, karena di atas lahan ini ternyata sudah terbit izin bahkan dikeluarkan oleh pemerintah kota sendiri.

“Bahkan, juga terbit sertifikat HGB untuk lokasi itu. Nah, sementara bukti-bukti lain itu belum ada. Menurut kami, apakah ini aset pemerintah daerah atau tidak itu benar-benar harus diuji terlebih dahulu ke pengadilan karena terkait bukti sertifikat atau izin yang diterbitkan oleh pemerintah kota sendiri,” beber Deden.

“Pemerintah kota setahu kami sudah menyatakan itu (lahan) tidak tercatat di dalam daftar aset pemerintah kota,” tambahnya.

Ia mempertanyakan, atas dasar apa dakwaan disusun sehingga menyebabkan sejumlah kerugian negara Rp. 4,5 miliar dan itu dilimpahkan kepada kliennya.

“Atas dasar itulah kami menilai dakwaan itu disusun tidak cermat, tidak lengkap, dan tidak jelas yang diisyaratkan di Pasal 143 KUHAP,” ujarnya.

Deden menyebut, hal itu juga yang menjadi dasar pihaknya menyatakan di dalam sidang tadi untuk melakukan upaya hukum eksepsi.

“Mudah-mudahan, kita berdoa dan akan berupaya secara maksimal. Prinsipnya, kita mempertanyakan kejelasan status lahan milik Pemkot Bengkulu ini. Diuji dulu produk hukum dari lahan 8,6 hektare itu sendiri. Jangan menduga-duga itu lahan punya Pemda kota tetapi tidak memastikan terlebih dahulu,” tandasnya. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here