5 Kabupaten di Bengkulu Masuk Zona Hijau COVID-19

0
48

BengkuluKito.Com, – Berdasarkan pemutakhiran data zonasi resiko daerah terhadap COVID-19 oleh Gugus Tugas Nasional, 2 kabupaten di Provinsi Bengkulu berubah dari zona kuning menjadi zona hijau.

Infografis dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu.

Menyusul, 3 Kabupaten lainnya yang sudah terlebih dahulu ditetapkan sebagai wilayah tanpa kasus konfirmasi positif korona sejak awal dan empat minggu terakhir.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni saat memberikan keterangan perkembangan kasus COVID-19 di Bengkulu, Rabu (8/7/2020).

“Provinsi Bengkulu hari ini ada penambahan dua kabupaten yang zona hijau, yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur,” tutur Herwan.

Sebelumnya, di Kabupaten Bengkulu Selatan dilaporkan terdapat 8 kasus positif dan 4 kasus di Kabupaten Kaur.

Setelah seluruh pasien dinyatakan sembuh, selama empat minggu terakhir hingga saat ini dua kabupaten itu tidak ditemukan adanya kasus baru.

“Jadi yang semula 3 kabupaten, menjadi 5 kabupaten, yaitu Lebong tidak ada kasus konfirmasi sejak awal. Mukomuko satu pasien sudah dinyatakan sembuh dan empat minggu terakhir tidak ada kasus baru. Demikian juga Seluma, 3 pasien sudah sembuh dan tidak ada kasus baru empat minggu terakhir,” ungkap Herwan.

Wilayah administratif zona hijau adalah daerah yang sama sekali tidak pernah ditemukan kasus positif korona. Serta wilayah yang pernah ditemukan kasus positif COVID-19, kemudian berhasil menekan laju penyebarannya.

Hingg saat ini, Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan Bengkulu Tengah masuk wilayah zona kuning atau rendah penyebaran COVID-19.

Sementara Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang masuk wilayah zona orange, atau resiko sedang penyebaran COVID-19.

“Mudah-mudahan seluruh kasus positif nya sembuh seratus persen, dan dalam empat minggu berikutnya tidak ada kasus baru sehingga bisa zona hijau,” tutup dia. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here