Dinkes Telusuri Pengembangan Klaster Pasar Panorama

0
35

BengkuluKito.Com, – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu, masih menelusuri riwayat kontak erat 19 kasus konfirmasi positif korona klaster Pasar Panorama Bengkulu, Senin (6/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menjelaskan, dari 19 kasus tersebut, ada 10 orang yang benar-benar beraktivitas di Pasar Panorama, seperti pedagang, penjahit dan karyawan perbankan.

Sementara 9 orang berikutnya, merupakan hasil tracing dan penyelidikan epidomologi terhadap kasus konfirmasi positif sebelumnya.

“Yang beraktivitas di Pasar Panorama itu 10 orang, seperti pedagang, penjahit dan karyawan perbankan. 9 orang lainnya hasil pengembangan Tim Gugus Tugas dilapangan, seperti suami, istri, anak dan tetangga sekitar,” jelasnya.

Terbaru, Tim Dinkes Provinsi dan Kota Bengkulu saat ini tengah melakukan tracing terhadap kasus konfirmasi positif nomor 139, 140, dan 141 yang dinyatakan masuk dalam penyebaran virus korona klaster Pasar Panorama Bengkulu.

“Pada hari ini tim sudah melakukan tracing terhadap keluarga terdekat dan tetangga sekitar, sekaligus pengambilan sampel uji swab,” ungkap Herwan.

Sejauh ini, menurut Herwan, upaya pencegahan sudah dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus korona pada klaster Pasar Panorama.

Seluruh riwayat orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi positif, diwajibkan melakukan isolasi mandiri baik dirumah masing-masing atau tempat yang sudah disiapkan pemerintah, hingga hasil uji swab PCR diketahui hasilnya.

“Ini sudah dilakukan isolasi mandiri, baik di rumah dan ada juga di pusat karantina UPT Pelatihan Kesehatan Provinsi Bengkulu,” sampai Herwan.

Ia pun meminta seluruh masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran klaster Pasar Panorama.

“Agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat, itu harus, wajib,” tegas Kadis Kesehatan. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here