14 Hari, PPK PUT Optimis Verfak Perseorangan Selesai Tepat Waktu

0
51

BengkuluKito.Com, – Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong, Abdul Rasid, mengatakan pihaknya optimis proses verifikasi faktual (Verfak) untuk dukungan bakal calon (Balon) perseorangan akan selesai tepat waktu, Senin (6/7/2020).

Rasid menuturkan, verifikasi faktual dukungan balon perseorangan tersebut dilaksanakan selama 14 hari terhitung 29 Juni hingga 12 Juli nanti.

“Jumlah dukungan balon perseorangan pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (Sahe) yang diverifikasi PPS Kecamatan PUT sebanyak 3003 dukungan masyarakat, tersebar dalam 14 desa 1 kelurahan. Kita optimistis pelaksanaan verfak ini bisa selesai tepat waktu,” kata dia.

Pelaksanaan verfikasi faktual ini dilaksanakan oleh 45 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar dalam Kecamatan PUT Rejang Lebong, dengan didampingi oleh pengawasan desa/kelurahan (PKD).

Dalam pelaksanaan verifikasi faktual ini, kata Rasid, para petugas PPS dan PKD saat menjalankan tugasnya dilengkapi dengan dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, seperti masker, face shild, sarung tangan dan alat pengukur suhu.

Untuk tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan, verfak di tingkat desa/kelurahan terhitung 29 Juni-12 Juli.

Kemudian, rekapitulasi dukungan balon perseorangan tingkat kecamatan 13-19 Juli, rekapitulasi dukungan balon perseorangan tingkat kabupaten 20-21 Juli, pemberitahuan hasil rekapitulasi dukungan 22-24 Juli.

Selanjutnya penyerahan syarat dukungan perbaikan kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten 25-27 Juli, pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan 25-28 Juli, verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan perbaikan 27 Juli-4 Agustus.

Penyampaian syarat dukungan balon perseorangan bupati dan wakil bupati dari KPU kabupaten kepada PPS 8-10 Agustus, dilanjutkan verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan 8-16 Agustus.

Rekapitulasi dukungan hasil perbaikan di tingkat kecamatan 17-19 Agustus, dan rekapitulasi dukungan hasil perbaikan di tingkat kabupaten 20-21 Agustus.

“Pada pelaksanaan verfak ini kita tidak melarang masyarakat untuk ikut mengawasinya sehingga prosesnya transparan, namun tidak melakukan intervensi apalagi mempengaruhi pendukung untuk mengakui dukungannya,” pungkasnya. (CW3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here