Peduli Lingkungan, Warga PUT Bentuk Bank Sampah Lembak

0
143

BengkuluKito.Com, – Guna mengurangi sampah plastik dan merubah menjadi barang bernilai ekonomis, warga di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong membentuk Bank Sampah Lembak (BSL), Sabtu (4/7/2020).

BSL ini dibentuk sejak 6 Juni 2020, dengan jumlah anggota 15 orang.

Salah satu hasil kerajinan tangan dari pengolahan sampah plastik oleh BSL.

“Bank sampah jadi pilihan warga untuk mengurangi sampah plastik. Mereka ubah jenis sampah non organik yang bisa ditabung, yang terdiri dari sampah plastik, sampah kertas, sampah kaleng, dan sampah logam, dengan cara menabung di Bank Sampah Lembak,” terang Ketua BSL, Ety Gustriyanti.

Ety menerangkan, Bank Sampah Lembak merupakan organisasi yang mengelola sampah berbasis manajemen perbankan.

“Bank sampah jadi pilihan warga di sekitaran Kecamatan PUT Kabupaten Rejang Lebong untuk meminimalkan sampah plastik,” ujarnya.

“Siapa sangka sampah plastik dan kertas dapat diolah menjadi berbagai kerajinan tangan serta aksesoris menarik yang dapat menghasilkan rupiah. Aktivitas mengolah sampah plastik menjadi beragam produk menarik tersebut dilakukan oleh anggota Bank Sampah Lembak,” tambah dia.

Kehadiran bank sampah ini, lanjut Ety, tak hanya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan tetapi juga menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar dengan cara menabung .

“Sampah yang disetorkan oleh warga itu dihargai Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 perkilogram, tergantung jenis sampahnya. Uang tersebut nantinya akan disimpan layaknya tabungan yang dapat ditarik oleh warga di waktu-waktu tertentu,” kata dia.

Adapun jenis buku tabungan tersebut yakni :
1.Tabungan Umum
2.Tabungan Pendidikan
3.Tabungan Sedekah
4.Tabungan Lebaran

Ety menuturkan, upaya masyarakat untuk menabung sampah tersebut tak hanya dapat bermanfaat untuk memutar roda ekonomi masyarakat, tetapi juga meningkatkan kesadaran warga sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan. (CW3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here