Kasus COVID-19 Klaster Pasar Bertambah, Herwan: Hasil Agresif Tracing Tim di Lapangan

0
37

BengkuluKito.Com, – Terus bertambahnya pasien konfirmasi positif COVID-19 pada klaster Pasar Panorama Bengkulu, disebut sebagai hasil tracing agresif yang dilakukan Tim Gugus Tugas di lapangan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni ketika menyampaikan perkembangan COVID-19 secara daring kepada wartawan, Jum’at (3/7/2020).

“Dengan penambahan klaster pasar ini, bukan berarti terjadi outbreak (penambahan tiba-tiba) kasus, melainkan pengembangan yang kita lakukan, terutama Dinkes Kota Bengkulu yang sangat agresif melakukan tracing kasus,” ungkap Herwan.

Dijelaskan Herwan, penambahan 6 kasus hari ini berasal dari sampel swab keluarga dekat yang memiliki kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

Terbukti, 6 pasien yang dilaporkan hari ini masih satu keluarga dan lingkungan dekat dari pasien yang sebelumnya dinyatakan positif korona.

“Pengembangan dari kasus konfirmasi yang meninggal di Kabupaten Kepahiang beberapa hari yang lalu, itu adalah istri, anak dan tetangga yang pada waktu itu melayat. Juga pengembangan pada kasus sebelumnya di Kota Bengkulu,” jelas dia.

“Enam kasus ini berkaitan dengan klaster Panorama. Jadi jumlah klaster Panorama ini berjumlah 19 orang,” terang Herwan.

Dari pemeriksaan Tim Medis, keenam pasien konfirmasi positif itu tidak mengeluhkan adanya gejala klinis korona, sehingga dapat menjalankan isolasi mandiri.

“Tentu tidak berhenti disini, kita minta segera melakukan tracing kasus selanjutnya. Sehingga benar-benar tidak ada lagi kasus dan harapan kita terputus terhadap klaster Pasar Panorama ini,” tutup Kadis Kesehatan Herwan.

Dengan tambahan enam kasus tersebut, total ada 19 orang yang terinfeksi COVID-19 dari klaster Pasar Panorama Bengkulu, satu orang diantaranya meninggal dunia. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here