Halid: Kalau Ada Unsur Pelanggaran, Kita Rekom ke KASN

0
73

BengkuluKito.Com, – Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Halid Saifullah, mengatakan jika dari hasil pemeriksaan ditemukan unsur pelanggaran, maka pihaknya akan merekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal ini terkait dipanggilnya tiga orang ASN Pemprov Bengkulu, berinisial Jd, Sr, dan Br, oleh Bawaslu untuk dimintai klarifikasi soal netralitas ASN.

“Kini masih proses pemeriksaan, kalo ada unsur pelanggaran iya kita harus rekom ke KASN. Kalo soal apa bentuk sanksinya itu kewenangan KASN,” ungkapnya, yang pernah menjabat Ketua KPU Rejang Lebong.

Hal ini, kata Halid, tergantung alat bukti keterangan terlapor dan saksi-saksi.

“Itu juga kan tergantung alat bukti keterangan terlapor dan saksi-saksi, juga sesuai dengan fakta- fakta klarifikasi,” ungkapnya, Senin (29/6/2020).

“Baru (setelah itu) kita buat kajian penuhi unsur atau tidak. Kita kan juga harus mengedepankan dugaan (praduga tidak bersalah). Nanti tergantung KASN juga,” tutur dia.

Halid menyebut, kalau contohnya postingan Facebook, itu penuh unsur dugaan.

“Unsurnya kalo posting di FB contohnya seorang ASN, itu penuh unsur dugaan. Nah kalo sanksi itu kewenangan KASN, kalau Bawaslu hanya batas klarifikasi tentang pemenuhan unsurnya saja,” tutup Halid. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here