Tim Gugus Tugas Lacak Penyebaran COVID-19 Klaster Pasar Panorama

0
58

BengkuluKito.Com, – Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bengkulu masih melacak penyebaran COVID-19 pada klaster Pasar Tradisional Panorama Kota Bengkulu, Kamis (25/6/2020).

Sebanyak 13 pedagang yang sebelumnya reaktif COVID-19, sudah diambil sampel uji swab untuk diperiksa di laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) RSUD Muhammad Yunus Bengkulu.

Saat ini, ke 13 orang pedagang yang tergolong orang tanpa gejala (OTG) itu, sudah dilakukan isolasi mandiri hingga hasil uji swab selesai.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengatakan, belum ada rencana pemerintah untuk menutup aktivitas pasar tradisional terbesar di Bengkulu itu.

Namun, tim gugus tugas sudah melakukan penelusuran riwayat pasien konfirmasi positif terhadap pedagang lainnya yang memiliki kontak erat selama 14 hari sebelumnya.

“Setelah ada kasus konfirmasi positif pertama, petugas kita langsung melakukan kontak tracing terhadap pedagang yang ada di pasar. Ada yang reaktif, tentunya kita tindaklanjuti dengan pemeriksaan swab,” terang Susilawaty.

Hingga saat ini, kata dia, kondisi empat orang pasien konfirmasi positif dari klaster pasar dalam keadaan stabil. Tiga diantaranya menjalani isolasi mandiri karena tidak mengalami gejala klinis korona.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas melaporkan adanya klaster baru penyebaran COVID-19 di Bengkulu. Perempuan berusia 48 tahun dikonfirmasi menjadi pasien 101.

Pasien itu, kemudian menularkan virus korona ke tiga kasus lainnya, yakni kasus 108, 109, dan 110. Tambahan tiga pasien itu diketahui merupakan suami dan anak-anak dari pasien 101. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here