Bangun TPS 3R, Mian: Konsepnya Swakelola

0
40

BengkuluKito.Com, – Bupati Bengkulu Utara Mian, melaksanakan titik nol pembangunan lokasi Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recyle (TPS 3R) yang berada di Desa Rama Agung, Jumat (19/6/2020).

TPS 3R ini merupakan program pengolahan sampah rumah tangga, yang nantinya bisa dimanfaatkan kembali, baik dijadikan pupuk, pakan atau olahan sampah lainnya.

Mian berharap, bisa bekerja sama dengan bank sampah, sehingga pengolahan sampah di BU bisa lebih maksimal.

“Pembangunan TPS 3R ini konsepnya adalah swakelola pemberdayaan, tentunya punya nilai strategis bahwa masyarakat ikut terperdayakan ikut bekerja dan ikut rasa memiliki,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Mian, pengelolaannya juga tetap melibatkan masyarakat yang dikelola oleh Desa Rama Agung.

“Apakah nanti dalam bentuk BUMDes, apakah nanti dalam bentuk kelembagaan lainnya yang penting ada lembaganya, berkesinambungan. Jadi ada rasa memiliki, dan ini bagian dari usaha pemerintah untuk melengkapi infrastruktur TPA yang ada di Kota Arga Makmur,” jelasnya.

Mian menyebut, tahun ini juga akan ada pembangunan PDU (Pusat Daur Ulang) yang sudah dapat dipastikan anggarannya dari pusat, dan akan segera dikerjakan tahun ini.

“Alhamdulillah nggak direfocusing di pusatnya sehingga tetap berjalan. Jadi ada 2-3 paket pekerjaan yang akan kita laksanakan di wilayah TPA ini,” tandasnya. (JR/MC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here