Plt Sekjen Kemendagri: Pilkada 9 Desember Harus Tetap Jalan

0
58

BengkuluKito.Com, – Meski wabah Corona Virus Disease atau COVID-19 masih terus terjadi, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori, mengatakan pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang harus tetap berjalan.

Selain itu, harus ada sinergi yang kuat antara pemerintah dan penyelenggara.

Demikian disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual, Senin (15/6/2020).

“Sinergi ini dalam banyak hal, yang paling krusial saat ini adalah penanggulangan COVID-19. Karena kita akan melaksanakan tahapan Pemilu disaat pendemi tentu teknisnya berbeda,” ungkap Hudori.

Untuk mencegah penyebaran virus, kata Hudori, protokol kesehatan penyelenggaraan pemilu dalam kondisi bencana non-alam COVID-19 sebagaimana arahan Presiden Jokowi.

Diantaranya, melaksanakan rapid test terhadap personel KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS, KPPS, dan PPDP yang bertugas yang memiliki gejala terpapar COVID-19.

Kemudian, diharuskan pula menggunakan alat pelindung diri paling kurang berupa masker bagi setiap personel.

“Tidak hanya itu, penyediaan sarana sanitasi juga menjadi prioritas. Sarana sanitasi harus memadai baik itu tempat atau perlengkapan yang digunakan setidaknya memiliki fasilitas cuci tangan dan disinfektan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menjelaskan, menyikapi arahan Sekjen Kemendagri tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Sinergi ini terus kita bangun dan melibatkan banyak pihak, mulai dari KPU, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan berbagai pihak lainnya yang sangat berperan menyukseskan pemilu mendatang. Kita selalu berkomunikasi untuk itu, terlebih mengenai protokol kesehatan dan berbagai hal teknis lainnya,” jelas Hamka. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here