2020, ‘Tahun Gelap’ Bagi KPID Bengkulu

0
151

Oleh: Agustam Rachman

Rabu, (10/6/2020), kemaren publik dikejutkan dengan viralnya video penyegelan listrik oleh petugas PLN di Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu.

Dikarenakan, KPID menunggak tagihan listrik sebesar Rp.13 juta. Entah sampai kapan Kantor KPID akan mengalami ‘masa kegelapan’ ini.

Penyegelan itu bukan terjadi secara tiba-tiba. Sebab, sebelumnya KPID sudah sering melakukan negosiasi dengan PLN serta telah berkali-kali menemui pihak Pemprov Bengkulu, terkait dana hibah Pemprov kepada KPID yang tidak dibayar oleh Pemprov dan berakibat kas KPID kosong.

Sehingga, KPID terlilit hutang, khususnya hutang pembelian ATK bahkan tak jarang Komisioner KPID mengeluarkan uang pribadi.

Sebenarnya bukan hanya dana hibah Pemprov kepada KPID yang tidak dibayar, tapi hal yang sama juga terjadi pada dana hibah Pemprov kepada KONI, PWI, Pramuka dan PMI.

Kejadian ini belum pernah terjadi sejak jaman Inggris berkuasa di Bumi Raflesia, tapi kita tidak ingin mencari kambing hitam siapa yang bersalah atas kejadian ini.

Namun, jika saya menjadi Gubernur Bengkulu maka semua piagam dan lencana penghargaan dengan embel-embel ‘Provinsi Terbaik se-Asia Dalam Segala Bidang’ yang pernah saya terima akan saya kembalikan.

Dan saya akan ziarah ke makam para pendiri Provinsi Bengkulu dengan berjalan jongkok sebagai penebusan rasa bersalah.

 

Penulis adalah Pemerhati Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here