Panen Raya Padi, Mian: Kedaulatan Pangan Melalui Produksi Lokal

0
24

BengkuluKito.Com, – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama petani dan kelompok tani di area persawahan Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat melakukan panen raya padi, Selasa (12/5/2020).

Bupati Bengkulu Utara, Mian, saat mengikuti panen raya padi.

Panen raya tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan social distancing.

Dikatakan Bupati Bengkulu Utara, Mian, Desa Karya Jaya, Suka Merindu, dan Desa Suka Baru yang berada di Kecamatan Marga Sakti Sebelat merupakan salah satu lumbung pangan yang sebelumnya perairannya belum tertata bagus.

Untuk saat ini, terang Mian, sudah tertata bagus dan hasilnya tahun ini meningkat dari tahun kemarin.

“Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan berupa alat mekanisasi perontok padi combine, yang padi bisa langsung masuk karung. Jadi, petani tidak perlu lagi susah payah untuk memanen padi dan hasilnya pun lebih efektif,” ungkapnya.

Mian menyebut, akan mementingkan program kedaulatan pangan yang merupakan konsep pemenuhan pangan melalui produksi lokal. Dengan kedaulatan pangan, daerah Bengkulu Utara dapat lebih mandiri dalam urusan pangan.

“Panen tahun ini sangat menggembirakan, dan baper stock pangan kita sangat cukup. Sebelumnya produksi padi setiap tahunnya 4,1 ton/hektare. Berkat dirawat dengan baik sekarang penghasilannya menjadi 6 ton/hektare,” sampainya.

Diketahui, melalui program pendampingan dampak virus COVID-19, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara akan membuat diversifikasi pangan.

Dalam waktu dekat, ada beberapa desa yang akan mendapatkan suprising khusus terkait rumah pangan lestari, melalui program gugus tugas penanganan COVID-19 dengan menyuplai bibit-bibit agar pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan. (JR/MC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here