3 Warga Positif COVID-19, Mian Imbau untuk Tidak Panik

0
75

BengkuluKito.Com, – Tiga warga Kabupaten Bengkulu Utara yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan menjalani perawatan medis dinyatakan positif Corona Virus Disease (COVID-19), Sabtu (9/5/2020).

Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bengkulu Utara, Mian mengatakan, ketiga PDP tersebut dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil swab yang telah diumumkan.

“Dengan ini saya sampaikan bahwa 3 PDP adalah pasien positif corona,” ucapnya.

Pada hari ini, kata Mian, berdasarakan hasil rapid tes reaktif 11 orang telah dikirim sampel ke Balai Besar Kesehatan Palembang, 5 sampel yang baru diperiksa terdiri dari 2 negatif dan 3 orang positif.

“Terkonfirmasi atas nama, 1. HP (pria 32 tahun), tenaga medis, tanpa gejala, riwayat perjalanan: awal Maret 2020 ke Kota Padang. 2. Ny. M (27), tenaga kesehatan, tanpa gejala, riwayat perjalanan keluar kota tidak ada dan ke- 3. Ny HW (27), tenaga kesehatan, tanpa gejala, juga tidak ada riwayat keluar Kota Argamakmur,” paparnya.

Disampaikan Mian, pihaknya terus akan melakukan berbagai macam langkah penanganan maupun pencegahan penyebaran, dengan merawat pasien COVID-19 di ruang isolasi RSUD Arga Makmur.

Kemudian, tetap melakukan isolasi terhadap rekan kerjanya sampai 14 hari dilakukan rapid tes ke dua tanggal 12 Mei 2020, dan melakukan rapid tes terhadap keluarga pasien positif COVID-19.

Mian meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara untuk tidak panik, atau bahkan takut berlebihan.

Melainkan, tetap berpikiran positif bahwa Corona atau COVID-19 bisa dikalahkan dengan mengikuti seluruh anjuran dari pemerintah.

“Senantiasa menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) meliputi mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, makan makanan sehat dan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup,” pintanya.

Tak hanya itu saja, Bupati Mian juga meminta masyarakat untuk melaksanakan social and physical distancing (jaga jarak dan menghindari keramaian).

Lalu, memakai masker ketika berada di luar rumah serta selalu berada di rumah (stay at home) kecuali untuk keperluan yang bersifat mendesak, seperti kebutuhan pangan dan obat-obatan.

“Saya ajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara untuk tidak panik, tapi kita harus selalu waspada. Karena corona ini virus yang tak terlihat tapi pergerakannya sangat cepat dan bisa menyebar ke mana-mana,” sampainya.

Untuk itu, sambung Mian, dirinya minta semuanya untuk tetap berada di rumah demi dapat memutus rantai penyebaran virus corona ini.

“Kita jaga pola dan gaya hidup kita dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. Jaga jarak minimal 1 meter, hindari keramaian, dan pakai masker kemana-mana, apalagi sampai mudik atau pulang kampung,” tandasnya. (JR/MC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here