Ini 8 Langkah Strategis Tim Gugus Tugas BU Cegah Virus Corona

0
57

BengkuluKito.Com, – Tim Gugus Satuan Tugas penanganan Virus Corona langsung melaksanakan rapat guna membahas tekhnis pelaksanaan tugas pencegahan dan penanganan Virus Corona di Bengkulu Utara, Selasa (17/3/2020).

Hal tersebut menindaklanjuti hasil rapat terbatas (Ratas) bersama Forkopimda yang dipimpin Bupati Bengkulu Utara, Mian, Senin (16/3/2020) kemarin.

Sekda Bengkulu Utara, Haryadi, saat memimpin rapat bersama Tim Gugus Satuan Tugas.

Tim Gugus Satuan Tugas yang dipimpin Sekretaris Daerah BU, Haryadi, telah menyepakati delapan langkah strategis untuk mengantisipasi penyebaran dan penanganan Virus Corona di Bengkulu Utara, diantaranya:

1.Menetapkan Sekretariat Tim Gugus Satuan Tugas berada di Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara Bidang P2P, Jl. Muhammad Yamin, Argamakmur.

Untuk koordinasi, informasi, konsultasi dan pelaporan perkembangan kasus corona bisa menghubungi Call Center :
a. dr.Fatimah 082186941010
b. Ujang Ismail, S.Km,M.PH 085293725105
c. Asmalena,S.KM 085377998181

2. Agar masyarakat tidak bingung, resah dan panik terhadap informasi Virus Corona yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, Tim Gugus Satuan Tugas melalui satuan teknis menyiapkan dan mempublikasikan informasi resmi terkait Virus Corona atau Covid-19 di Bengkulu Utara sebagai edukasi kepada masyarakat Bengkulu Utara.

3.Membuat WA group Gugus Satuan Tugas yang akan menjadi sarana komunikasi untuk percepatan pengambilan keputusan dalam penanganan Virus Corona atau Covid-19.

4.Tim Gugus Satuan Tugas melalui tim teknis kegiatan bekerjasama dengan pemerintah desa dan kelurahan untuk memantau warga Bengkulu Utara yang mempunyai riwayat perjalanan 14 hari (2 minggu terakhir) dari luar negeri dan atau dari luar Provinsi Bengkulu yang terpapar wabah Virus Corona atau Covid-19

5. Menyiagakan seluruh petugas kesehatan dan fasilitas kesehatan mulai dari Posyandu, Puskesmas, Puskemas Perawatan dan Dinas Kesehatan untuk tanggap dan respon cepat terhadap laporan dan informasi terkait Virus Corona.

6. Memastikan bahwa RSUD Argamakmur siap dan mampu untuk menangani pasien manakala ada masyarakat yang diduga tertular Virus Corona.

7. Seluruh informasi resmi terkait Virus Corona di Bengkulu Utara akan disampaikan melalui juru bicara Tim Gugus Satuan Tugas penanganan Virus Corona yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara, Syamsyul Maarif.

8.Selanjutnya, Tim Gugus Satuan Tugas penanganan Virus Corona mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkulu Utara untuk bersikap tenang dan tidak panik serta melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti biasa, karena Pemerintah Daerah Bengkulu Utara bersama Forkopimda telah mengambil langkah-langkah antisipasi cegah tangkal dan penanganan Virus Corona di Bengkulu Utara.

Adapun Tim Gugus Satuan Tugas yang hadir dalam rapat tersebut, yakni Asisten Setdakab BU, Tim Teknis Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan, dan Direktur RSUD. (JR/MC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here