2020, Dishub BU Bakal Serahkan Dua Unit Mobil Carry ke BUMDes di Enggano

0
306

BengkuluKito.Com, – Guna menunjang operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), tahun 2020 ini Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Utara bakal menyerahkan tiga unit mobil jenis Carry, dua diantaranya diserahkan ke dua desa di Pulau Enggano, Jum’at (13/3/2020)

Dua desa tersebut yakni Desa Apoho dan Malakoni di Kecamatan Enggano. Untuk satu desa lainnya yaitu Desa Suka Mulya Kecamatan Giri Mulya.

Pelaksana tugas (Plt) Kadishub BU, Nur Imansyah, menyampaikan Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2020 ini telah memprogramkan beberapa item pembangunan untuk mewujudkan visi misi Bupati Bengkulu Utara.

Yaitu, pengadaan tiga unit mobil angkutan produksi pertanian untuk keperluan masyarakat melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi.

Penyerahan salah satu unit mobil Carry kepada pihak BUMDes oleh Plt Kadishub Kabupaten Bengkulu Utara, Nur Imansyah.
Mobil Carry yang bakal diserahkan kepada Bumdes.

Tujuan pemberian bantuan mobil BUMDes ini, kata Nur, guna menunjang operasional BUMDes dan dapat membantu memperlancar arus pengangkutan barang produksi masyarakat desa, serta mengurangi biaya produksi dan transportasi.

Dia menuturkan, kendaraan tersebut harus dipegang oleh pengurus BUMDes dan digunakan sepenuhnya untuk keperluan BUMDes. Selain dirawat dengan baik, kendaraan bantuan tersebut juga harus dimanfaatkan sesuai peruntukkannya.

“Saya berharap kepada pengelola BUMDes dapat merawat kendaraan dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi,” pesannya.

Nur menerangkan, pendistribusian kendaraan operasional bantuan BUMDes ini telah disetujui oleh Kementerian Desa dan PDTT. Dimana untuk tahun 2020, ada tiga BUMDes penerima mobil yang bersumber dari DAK sebesar Rp. 500 juta.

“Dengan rincian, dua unit mobil disalurkan di desa BUMDes Pulau Enggano dan satu desa lainnya,” terangnya.

Kedepan, lanjut Plt Kadishub, bagi desa-desa yang belum mendapatkan tetap diusulkan melalui Kementerian Desa dan PDTT secara bertahap.

Ia juga mengharapkan, bantuan ini bisa mempermudah transportasi desa, apalagi yang berada jauh di pedalaman. Masyarakat juga bisa memanfaatkan kendaraan ini sesuai keperluannya dengan harapan bisa meningkatkan roda perekonomian warga.

Nur menyebut, penerima bantuan mobil tersebut sebelumnya sudah memenuhi syarat dari pemerintah pusat. Seperti pulau terluar, daerah perbatasan dan daerah transmigrasi.

“Penerima bantuan mobil operasional BUMDes sudah memenuhi syarat dari pemerintah pusat,” tandasnya.

Adapun kelengkapan atau syarat-syarat bagi BUMDes penerima bantuan mobil operasional tersebut yakni, proposal BUMDes, KTP dan NPWP BUMDes, TDP, SIUP, izin angkutan, surat kuasa asli bermaterai, domisili BUMDes, akta notaris, dan surat rekomendasi dari kepala desa. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here