Lomba Tingkat Nasional, Pemkab Seluma Gelar Pembinaan Tim Kadarkum Desa Talang Tinggi

0
271

BengkuluKito.Com, – Dalam rangka persiapan lomba Keluarga sadar hukum (Kadarkum) tingkat nasional, Bagian Hukum Pemkab Seluma menggelar pembinaan terhadap tim Kadarkum Desa Talang Tinggi Kabupaten Seluma, Kamis (23/1/2020).

Tim Kadarkum Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma bersama bagian hukum Pemkab Seluma.

Tim Kadarkum Seluma tersebut terpilih mewakili Provinsi Bengkulu untuk bersaing dengan 34 tim Kadarkum dari 33 provinsi se- Indonesia. Tim ini diberi pembinaan secara langsung oleh tim penyuluh hukum dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu.

Disampaikan Kepala Bagian Hukum Setdakab Seluma, Nurpadliya, terkait dengan persiapan lomba Kadarkum tingkat nasional, khususnya kepada peserta Kadarkum tahun ini ada beberapa hal yang perlu disampaikan.

Kabag Hukum Setdakab Seluma, Nurpadliya.

“Pertama itu mental kita yang harus diperkuat dan emosional kita yang harus dijaga untuk menghadapi perlombaan nantinya. Itu yang utama, karena kita berhadapan dengan 33 provinsi ditambah satu binaan dari pusat jadi 34 peserta,“ ungkapnya, saat memberi sambutan pada pembukaan rangkaian pembinaan tim Kadarkum Seluma di Kantor Desa Talang Tinggi, Kecamatan Seluma Barat.

Terkait dengan materi, kata Nurpadliya, mungkin yang lebih memahami itu pihak dari Kanwil Kemenkumham. Tapi, dirinya sedikit memberi masukan atau konsep yang butuh diharmonisasikan dengan tim Kemenkumham.

“Dari yel-yel, ide saya ini bagaimana tim dari Kemenkumham dan peserta sekalian meramunya sehingga yel-yel itu memasukkan seni dan budaya tradisional baik itu di Kabupaten Seluma maupun di Provinsi Bengkulu. Misalnya kita menggunakan dol atau kulintang, kemudian ditambahkan dengan rejung tapi bukan dalam bahasa daerah melainkan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Nurpadliya, diikuti dengan tarian tradisional dari Kabupaten Seluma untuk seni dan budaya.

“Saya juga ingin memasukkan konsep fashion atau pakaiannya. Kami ingin menyediakan pakaian tenun dumpak, yakni tenun khas asli Kabupaten Seluma dengan dikombinasikan dari provinsi atau Kemenkumham sendiri untuk ciri khasnya. Tapi yang dominannya tenun dumpak itu tadi baik untuk bapak maupun ibunya. Itu maksud saya,” jelasnya.

“Kita rencanakan ada tujuh hingga delapan kali kunjungan pembinaan ke Desa Talang Tinggi ini terkait dengan pematangan materi, yel-yel, termasuk dengan atribut yang akan digunakan oleh peserta dalam lomba Kadarkum tingkat nasional nanti di bulan April,” tambahnya.

Untuk persiapan khusus lomba, ia mengungkapkan pihaknya bekerjasama dengan tim dari Kanwil Kemenkumham. Pada kegiatan ini Kanwil Kemenkumham bersedia melakukan pembinaan dua kali dalam seminggu, termasuk malam hari.

Saat digelar pembinaan oleh Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham kepada peserta Kadarkum.

“Saya mempunyai harapan besar terhadap Kadarkum ini, tetapi saya tidak menargetkan mereka harus juara berapa. Terpenting, mereka berlomba di tingkat nasional dengan sekemampuan mereka, dengan tidak memalukan Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Seluma. Saat mereka masuk final saja itu sudah prestasi yang luar biasa,” harapnya.

Selain itu, Kades Desa Talang Tinggi Zanili menuturkan terkait pembinaan tim Kadarkum pihak perangkat Desa Talang Tinggi menyerahkan sepenuhnya kepada bagian hukum Kabupaten Seluma untuk membina dan membimbing para peserta.

“Kepada adik-adik peserta, saya berpesan tolong dijaga semangat, kekompakan tim, dan disiplin. Mudah-mudahan dengan bimbingan dan pembinaan yang diberikan mereka tidak akan memalukan Bengkulu,“ tutupnya.

Adapun nama-nama peserta dari Desa Talang Tinggi yang masuk tim Kadarkum Seluma yakni Ridwan Hati, Haris Dwi Putra, Septi Hanani, Leni Maryanti, dan Erni Minatawati.

Diketahui, materi lomba Kadarkum ini berkaitan dengan beberapa undang-undang yang telah ditetapkan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI.

Lomba Kadarkum tingkat nasional ini diadakan pada 6-9 April 2020 di Jakarta.

Pantauan BengkuluKito.Com, turut hadir dalam pembukaan rangkaian pembinaan tim Kadarkum Seluma yakni Kasubag Sosialisasi dan Bantuan Hukum Pemkab Seluma, M. Alvin Azhari beserta staf, Koordinator Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham, Fajri Alamsyah beserta tim, pihak Kecamatan Seluma Barat, dan perangkat Desa Talang Tinggi. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here