9 Dimensi dan 48 Indikator Perubahan, Faktor Polda Bengkulu Naik Tipe A

0
41

BengkuluKito.Com, – Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu akhirnya resmi naik tipologi, dari sebelumnya tipe B menjadi tipe A, Selasa (12/11/2019).

Saat digelar upacara pengukuhan kenaikan tipologi oleh Wakapolri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di Lapangan Apel Polda Bengkulu.

Kenaikan tipologi ini langsung diresmikan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, dalam Upacara Pengukuhan di Lapangan Apel Polda Bengkulu.

Menandai kenaikan tipologi Polda Bengkulu, Wakapolri menyerahkan secara simbolis Bendera Pataka Waspada Jananuraga kepada Kapolda Bengkulu yang disaksikan oleh tamu undangan dan peserta upacara kenaikan tipologi.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz yang dibacakan Wakapolri, mengatakan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini setelah menjalani proses kajian yang cukup panjang dan mendapatkan pertimbangan dari tim assesmen Mabes Polri.

Kenaikan tipologi ini juga telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Sedikitnya ada 9 dimensi dan 48 indikator perubahan yang menjadi pertimbangan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini,” terangnya, dilansir dari tribratanewsbengkulu.com

Sembilan dimensi tersebut, kata Kapolri, diantaranya dimensi geografis, demografis, sumber daya alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, Sarkamtibmas serta dimensi kemampuan kesatuan.

Selain itu, peningkatan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini akan berdampak pada pengembangan jenjang kepangkatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di organisasi Polda Bengkulu.

Ditambahkannya, Polda Bengkulu juga diminta untuk mengoptimalkan pelayanan publik berbasis teknologi dengan mengakomodir aksebilitas pelayanan publik yang cepat, murah dan mudah.

“Polda Bengkulu diminta untuk bekerja dengan target terukur untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” sampainya.


Ditegaskan Kapolri, agar Polda Bengkulu melakukan penegakan hukum secara jujur, benar, adil dan konsisten dengan menjunjung integritas dan profesionalisme.

Polda Bengkulu diminta untuk melakukan pemantapan manajemen media massa dan program kehumasan untuk menjaga citra Polri di tengah masyarakat.

Disisi lain, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu siap mendukung kegiatan-kegiatan Polda Bengkulu dan peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Polda Bengkulu.

“Alhamdulillah, tentu kita bersyukur dengan peningkatan tipologi Polda Bengkulu ini. Ini merupakan perjuangan kita bersama dalam rangka melakukan penguatan kelembagaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Polda sudah berhasil, sekarang kita tinggal tunggu untuk Korem, Lanal dan IAIN Bengkulu,” jelas Rohidin.

Usai pelaksanaan upacara, Wakapolri menandatangani Prasasti Peningkatan Status Tipologi Polda Bengkulu dari Tipe B Menjadi Tipe A yang disaksikan oleh Forkopimda Provinsi Bengkulu.

Turut hadir dalam upacara pengukuhan kenaikan tipologi Polda Bengkulu antara lain, Kaba Intelkam Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Asrena Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin, Ass SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri.

Koord Sahli Irjen Pol Ike Edwin, Karo Penmas Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Kayanma Kombes Apri, mantan pejabat Kapolda Bengkulu, diantaranya Brigjen Pol ( Purn ) Ruslan Riza, Brigjen Pol ( Purn ) Tatang Sumantri, Irjen Pol ( Purn ) Beni Mokalu, Irjen Pol ( Purn ) Yovianes Mahar dan irjen Pol ( Purn ) M Ghufron, serta Brigjen Pol ( Purn ) Agus Salim Jamil. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here