#BersihkanIndonesia: Kabinet Jokowi-Ma’ruf di Bawah Bayang-bayang Batu Bara

0
40

BengkuluKito.Com, – Puluhan organisasi lintas wilayah dan nasional yang tergabung dalam koalisi #BersihkanIndonesia, menyebut jika kabinet yang bakal disusun pada pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin berada di bawah bayang-bayang batu bara.

Hal tersebut disampaikan Direktur Genesis Bengkulu, Uli Arta Siagian saat menggelar konferensi pers, di Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Dijelaskan Uli, dokumen bersihkan kabinet yang berisi nama-nama orang yang memiliki usaha dan berkorelasi langsung di sektor batu bara ini menjadi alarm peringatan kepada rakyat, bahwa perlawanan terhadap batu bara masih panjang dan semakin berat

“Bengkulu adalah salah satu wilayah yang akan dikuasai oleh para oligarki,” ungkapnya, Minggu (20/10/2019).

Uli menyebut, eskalasi pengerusakan dan eksploitasi sumber-sumber penghidupan rakyat di Bengkulu, khususnya di sektor batu bara akan semakin tinggi dan cepat, jika aktor seperti yang disebutkan di dokumen tersebut diangkat menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Oleh karena itu kita mendesak pemerintah untuk membersihkan kabinet dari oligarki batu bara,” sampainya.

Adapun nama-nama orang yang diduga memiliki usaha dan berkorelasi langsung di sektor batu bara yakni, Luhut Binsar Panjaitan, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Sandiaga Solahudin Uno, Moeldoko, Hary Tanoesoedibjo.

Kemudian, dua orang lainnya yakni Yusril Ihza Mahendra dan Ryamizard Ryacudu diduga memiliki korelasi langsung sektor batu bara di Provinsi Bengkulu.

Yusril sebagai pemilik saham dan komisaris tambang batu bara PT Bara Mega Quantum (BMQ), dan juga tercatat sebagai komisaris di perusahaan PT Inmas Abadi.

Sedangkan Ryamizard tercatat dalam Izin Usaha Pertambangan PT Inmas Abadi. Dalam IUP tersebut, nama Ryamizard tercatat sebagai komisaris. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here