Buka Pendaftaran, NasDem Lebong: ‘Tanpa Mahar dan Tidak Dipungut Biaya’

0
111

BengkuluKito.Com, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Lebong resmi membuka pendaftaran Bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2020. Dalam pendaftaran tersebut, DPD NasDem mengusung jargon ‘Pendaftaran Tanpa Mahar dan Tidak Dipungut Biaya’,”

Hal tersebut disampaikan Pejabat sementara (Pjs) Sekretaris DPD NasDem Lebong, Eko Prabowono, Sabtu (5/10/2019).

Pjs Sekretaris DPD NasDem Kabupaten Lebong, Eko Prabowono.

Dikatakan Eko, sesuai dengan komitmen partai, siap berjuang untuk rakyat, menuju gerakan perubahan, restorasi Indonesia.

Tentunya komitmen ini harus dijalankan disetiap jenjang pemilihan, baik Presiden, Gubernur, bahkan Bupati/Walikota.

“Agar, ke depannya pemimpin yang terpilih yang kita usung khususnya di Kabupaten Lebong bisa lebih leluasa dalam membangun negeri, tanpa berfikir berapa biaya yg dikeluarkan selama mencalonkan diri. Apalagi biaya hanya sekedar untuk dapat mencalonkan diri melalui perahu partai,” jelasnya.

Sesuai dengan Instruksi DPP NasDem untuk tidak mengambil mahar, terang Eko, maka intinya pendaftaran Calon Bupati/Wakil Bupati pada Pilkada Lebong 2020, Partai NasDem tidak memungut Biaya.

Eko menuturkan, pembukaan pendaftaran calon bupati/wakil bupati oleh DPD NasDem Lebong baru dimulai hari ini.

Terkait kader NasDem Lebong yang disiapkan untuk maju di Pilbup 2020 tersebut? Eko menjawab, sesuai dengan prosedur PO (Peraturan Organisasi) NasDem yang ada, baik itu kader/non kader, tentunya harus tetap mendaftarkan diri sebagai calon, baik itu kepala daerah atau wakilnya.

“Karena NasDem membuka komitmen ‘Tanpa Mahar dan Tidak Dipungut Biaya’, sudah barang tentu keterbukaan harus kita kedepankan. Pendaftaran ini berlaku bagi siapa saja untuk putra-putri negeri ini,” ujarnya.

Eko menambahkan, jumlah kursi yang diperoleh NasDem pada Pemilu 2019 kemarin berjumlah 4 kursi.

“Jika mengacu pada peraturan perundangan-undangan, maka (pencalonan bupati/wakil bupati) harus memenuhi 20% keterwakilan di DPRD. Karena di Lebong jumlah kursi 25, jadi keterwakilan harus 5. Maka kita kurang 1 kursi,” paparnya.

Namun demikian, sambung Eko, setelah dilakukan komunikasi, pendekatan, InsyaAllah syarat itu dapat terpenuhi.

“Tapi untuk partai mana, nanti akan kita sampaikan. Tinggal tunggu waktunya,” sampainya.

Soal proses penjaringan? Lanjut Eko, siapa saja dapat mengambil formulir pendaftaran pada tim penjaringan. Selanjutnya, form yang telah diambil, diisi dan dilengkapi pemberkasannya.

“Setelah kita verifikasi kelengkapan berkas, tim akan melakukan pleno untuk selanjutnya disampaikan ke-DPW/DPP,” katanya.

“Ingat, pendaftaran ini tidak dilakukan oleh DPD tapi Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) NasDem yang dikomandoi oleh Alpi Haryono yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Lebong,” pungkasnya.

Diketahui, pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati oleh DPD NasDem Lebong dibuka sejak tanggal 5-23 Oktober 2019. Pendaftaran dibuka dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here