Rohidin: DPRD dan Kepala Daerah Memiliki Kedudukan Sejajar

0
150

BengkuluKito.Com, – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebut, pada hakekatnya DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Antara DPRD dan Kepala Daerah memiliki kedudukan yang sejajar.

Demikian disampaikannya saat memberi kata sambutan dalam rapat paripurna pengangkatan pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu untuk diambil sumpah sebagai ketua dan wakil ketua masa jabatan 2019-2024, di Gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Rohidin, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa pada hakekatnya DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Hal ini bermakna, bahwa DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintah daerah atau kepala daerah.

“Kedudukan yang sama ini bermakna bahwa antara DPRD dengan kepala daerah memiliki kedudukan yang sejajar,” ucapnya, Jum’at (4/10/2019).

Hubungan demikian, sambung Rohidin, secara taktis operasional bermakna bahwa DPRD adalah mitra kerja pemerintah daerah dalam membuat kebijakan daerah sesuai kewenangan, tugas dan fungsi masing-masing.

“Untuk itu, DPRD dan pemerintah daerah wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis. Saling mendukung dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, dalam praktek pemerintahan ini,” imbuhnya.

Rohidin menerangkan, dalam menjamin optimalisasi penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan daerah, secara konstitusional DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu pembentukan peraturan daerah, penganggaran, dan pengawasan.

“Fungsi pembentukan peraturan daerah diwujudkan dalam peran DPRD membentuk peraturan daerah bersama kepala daerah,” katanya.

Fungsi anggaran, terang Rohidin, diwujudkan dalam pembahasan dan menyetujui APBD bersama kepala daerah.

Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk mengawasi pelaksanaan peraturan daerah dan kebijakan yang ditetapkan oleh kepala daerah.

“Ketiga fungsi DPRD di atas, dilaksanakan dalam rangka kedudukan DPRD sebagai representasi rakyat di daerah ini,” terangnya.

Menurut Rohidin, dalam melaksanakan ketiga fungsi tersebut, DPRD memiliki sejumlah tugas dan wewenang, hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (CW4)

Leave a Reply