Ini Tanggapan Pemred Realita Post Soal Somasi Pemkot

0
119

BengkuluKito.Com, – Pemimpin Redaksi Realitapost.com Dian Marfiani, akhirnya memberikan klarifikasi atau tanggapan terkait surat somasi tim kuasa hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, atas pemberitaan berjudul “Pemkot Lakukan Pungli Miliaran Uang Zakat ASN”.

Diketahui, dalam somasi disebutkan bahwa pemberitaan Realitapost.com dianggap sebagai fitnah yang keji dan menghakimi.

Disampaikan Dian Marfiani atau biasa disapa Damar, pihaknya siap memberikan hak jawab kepada Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan.

“Kami siap memberikan hak jawab juga hak koreksi, jika pemberitaan itu dianggap merugikan Pemkot Bengkulu,” terangnya, Kamis (3/10/2019).

Hal ini, sambung Damar, sebagai bentuk pihaknya mengapresiasi atas somasi tersebut.

“Pada prinsipnya, kita siap menerima koreksi dari siapapun. Dalam hal ini, Realitapots.com akan memberikan space hak jawab bagi Pemkot Bengkulu atas pemberitaan kami,” tambahnya.

Damar menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan surat tanggapan atas surat somasi dari kuasa hukum Pemkot Bengkulu.

“Hari ini kami layangkan balasan kepada kuasa hukum Pemkot Bengkulu dan pihak terkait,” sampainya.

Terkait adanya permintaan maaf sebagaimana diminta dalam surat somasi, Dian mengaku akan mengedepankan ketentuan yang diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Pada prinsipnya kami ingin menyediakan hak jawab atau jika perlu hak koreksi, jika berdasarkan hak jawab tersebut kami memang ada kesalahan, maka kami siap meminta maaf,” ujarnya.

Namun, kata Damar, demi menjunjung asas kepatuhan dan ketaatan pada regulasi pers, hak jawab tersebut wajib pihaknya sampaikan kepada yang merasa dirugikan atas pemberitaan.

Berikut kutipan surat tanggapan Realitapost.com atas somasi Wali Kota Bengkulu:

Dengan ini menyampaikan tanggapan atas surat somasi yang kami terima tanggal 1 Oktober 2019, perihal pemberitaan Realitapost.com dengan judul “Pemkot Lakukan Pungli Miliaran Uang Zakat ASN”.

Bahwa, sebagai media massa berbadan hukum Pers sesuai ketentuan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, dengan ini saya selaku penanggung jawab dan pemimpin redaksi realitapost.com menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Terkait pemberitaan dengan judul “Pemkot Lakukan Pungli Miliaran Uang Zakat ASN” yang tayang pada 26 September 2019, saya sampaikan bahwa judul berita tersebut bukan bermaksud menghakimi dan melakukan fitnah keji sebagaimana disebutkan dalam surat somasi.

Judul tersebut kami kutip berdasarkan pernyataan Prof Juanda, sebagai narasumber kompeten bagi pemberitaan dengan tema tersebut.

Bahwa terkait pemberitaan tersebut, kami memberikan hak jawab sebagaimana diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers Pasal I ayat 11.

Berbunyi, “Hak Jawab adalah seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya” dan pasal 5 ayat 2 yang berbunyi “Pers wajib melayani hak jawab”.

Bahwa apabila hak jawab disampaikan kepada kami, maka kami akan menayangkan pada rubrik yang sama pada terbitnya berita berjudul “Pemkot Lakukan Pungli Miliaran Uang Zakat ASN” dan kami buat link pada berita tersebut. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here