Ini Sebab Mantan Wali Kota Bengkulu Diperiksa Penyidik

0
202

BengkuluKito.Com, – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkulu, Emilwan Ridwan menyebut jika pemeriksaan mantan Wali Kota Chairul Amri oleh penyidik lantaran saat itu saksi menjabat sebagai ketua tim pembebasan lahan tersebut.

Mantan Wali Kota Bengkulu, Chairul Amri saat akan diperiksa penyidik di Kantor Kejari Kota Bengkulu.

Disampaikan Emilwan, seperti dilihat mantan Wali Kota Chairul Amri dan mantan Kabag Hukum Safran Junaidi dilakukan pemeriksaan oleh penyidik.

“Kembali saya tegaskan untuk tetap mengumpulkan bukti-bukti yang ada. Sementara masih dalam proses pemeriksaan, yang pada intinya memang pada saat pembebasan itu mantan Wali Kota Bengkulu Chairul Amri selaku ketua tim pembebasan tanah,” terangnya, Jum’at (6/9/2019).

Kemudian, sambung Emilwan, pihaknya mencoba mengumpulkan peta bidang atau peta situasi yang sudah diterbitkan sebelumnya.

“Dimana dalam peta bidang atau peta situasi itu menunjukkan, ada sekitar kurang lebih 8,6 hektar merupakan bagian dari pada aset yang sudah dilepaskan atau dibebaskan oleh pihak pemerintah kota,” ungkapnya, di Kantor Kejari Kota Bengkulu.

Dilihat dari hasil penggalian, kata Emilwan, urutan-urutan nya itu tepat. Yaitu, dimulai dari proses pembebasannya itu sendiri tahun 1994, kemudian ada pengajuan permohonan untuk dilakukan pengukuran atau penerbitan peta situasi, dan peta situasinya diterbitkan tahun 1995.

“Jadi, sudah bisa menunjukkan bahwa itu adalah aset milik Pemerintah Kota Bengkulu. Jadi itu poinnya, sementara ini masih dalam proses pemeriksaan yang dilakukan,” ujarnya.

Terkait tahun 1995 itu ada menggunakan dana APBD? Emilwan menjawab, “Ya iya. Semua proses itu semuanya mengacu kepada APBD Kota Bengkulu. Jadi, pelepasan dan pengukuran (lahan) itu semuanya menggunakan APBD Kota Bengkulu yang pada saat itu dikelola oleh Dinas Tata Kota Bengkulu,”

“Tentunya, yang ada di dalam dokumen-dokumen terkait itu, Dinas Tata Kota juga BPN pada saat itu kita lakukan pemeriksaan segera mungkin,” tutupnya. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here