Pengurus SMSI se-Kabupaten/Kota Resmi Dilantik, Berikut Nama-namanya

0
56

BengkuluKito.Com, – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu resmi melantik pengurus SMSI se-Kabupaten/Kota, di Hotel Santika, Rabu (4/9/2019).

Ketua SMSI Provinsi Bengkulu, Rahiman Dani mengatakan, SMSI adalah sebuah organisasi, tempat berkumpulnya pemilik media. Dengan dilantiknya pengurus di kabupaten/kota, mudah-mudahan bisa mempererat silaturahmi dan menguatkan jaringan media siber di daerah.

Selain itu, kata Rahiman, dengan terbentuknya SMSI di setiap kabupaten/kota, maka akan meningkatkan peran serta media dalam mempublikasikan berbagai capaian pembangunan, juga untuk kontrol sosial.

“SMSI ini sudah berdiri di 34 provinsi, 23 diantaranya sudah diverifikasi dewan pers. Tujuan SMSI menjalankan fungsi sesuai dengan UU Pers,” ujarnya.

Rahiman menambahkan, SMSI sadar belum begitu lama berdiri, sehingga wajar kebebasan pers di Bengkulu cukup meningkat hasilnya di dalam 2 tahun ini. Sehingga, keluarga besar SMSI memohon dukungan semua pihak.

“Kami sadar masih banyak kekurangan, sehingga mungkin ada berita-berita yang kurang pas. Kita akan terus berproses, kami juga berharap peran pemerintah untuk meningkatkan potensi, kami berharap support,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengharapkan di era milenial ini berita itu harus ringan, kalimat-kalimat yang gunakan harus simpel, enak didengar dan mudah dipahami sehingga menggugah tapi harus valid.

“Saya melihat media sekarang tidak hanya sekedar profesi, tapi juga peluang bisnis yang menyediakan lowongan pekerjaan. Jangan berfikir media kontrol pemerintah, tapi media itu peluang bisnis. Tentunya tetap menjunjung kode etik wartawan. Media yang tidak ikut era milenial, ya tinggalkan,” sampainya.

Rohidin berharap, jangan melihat media sebagai sesuatu yang ditakuti, tetapi harus peduli orang dengan media. Terlebih pemerintah dan masyarakat, membutuhkan peran media sebagai mitra dan kontrol sosial yang membangun.

Gubernur juga menilai, peran penting dari sebuah media yakni bagaimana membentuk pola pikir masyarakat. Seperti menggiring opini, karena daerah tidak akan maju kalau pola pikir masyarakatnya tidak berubah dan terarah.

“Fungsi lain dari media, saya ingin melihat media membentuk pola pikir masyarakat, menggiring opini. Daerah tidak akan maju kalau pola pikir masyarakat tidak maju, sehingga masyarakat Bengkulu nantinya punya pola pikir yang sehat,” terangnya.

Berikut nama-nama Ketua SMSI di Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu

1. Kabupaten Kaur: Miruan
2. Bengkulu Selatan: Junaidi Hamid
3. Seluma: Yedi Kustanto
4. Kota Bengkulu: Doni Supardi
5. Bengkulu Tengah: Zulfikar
6. Bengkulu Utara: Firdaus Efendi
7. Mukomuko: Yadi Hermawanto
8. Lebong: Alexander
9. Rejang Lebong: Didi Sunarya
10. Kepahiang: Ujang Efendi. (RC/Rilis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here