Festival Tabut 2019 Resmi Digelar

0
75

BengkuluKito.Com, – Festival Tabut 2019 yang merupakan agenda tahunan Provinsi Bengkulu dan masuk Top 30 Calender of Event Nasional resmi digelar, Sabtu (31/8/2019).

Diketahui, festival tabut dilaksanakan untuk memperingati peristiwa tragis yang menimpa Hussein, cucu Nabi Muhammad SAW, yang dalam perjalanannya ke Irak disergap oleh pasukan Ubaidillan Bin Ziyad sehingga terjadi peperangan sengit.

Untuk itu, malam pembukaan festival ini akan mencapai klimaksnya saat nyanyian Karbala dilantunkan guna menghormati Hussein yang terbunuh di Padang Pasir Karbala.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas telah dibuka dan diresmikannya acara festival tabut 2019.

“Alhamdulillah festival tabut ini masuk Pesona Wonderful Indonesia dan kita harapkan sajian budaya yang ditampilkan betul-betul menimbulkan kepuasan bagi wisatawan asing maupun lokal,” ucap Rohidin.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan yang mengungkapkan jika Festival Tabut Bengkulu sudah masuk tiga Pesona Wonderful Indonesia.

“Ini bukan lagi kegiatan budaya saja, tetapi sudah masuk peringkat tiga Pesona Wonderful Indonesia. Semoga menjadi modal pembangunan sektor pariwisata dan puncaknya di tahun 2020,” kata Irsan.

Sementara itu, Ketua KKT Bengkulu, Syiafril mengatakan festival tabut ini dilaksanakan setiap tanggal 1 sampai 10 Muharram dan ada beberapa ritual tabut yang dilakukan seperti mengambil tanah, duduk penja, meradai, menjara, arak penja, arak serban, gam, arak gendang, dan tabut tebuang.

“Kami bersyukur masuk 30 kalender even, namun harus disadari sangat sedikit yang mengetahui dan memahami filosofi nilai tabut dari upacara hingga prosesi. Sehingga di tahun 2020, hendaknya diadakan sosialisasi tentang tabut atau workshop,” tutupnya.

Terhimpun, dalam festival tabut ini akan menampilkan serangkaian pertunjukan, kompetisi, permainan, olahraga dan perayaan lainnya.

Diantara banyak kegiatan, tahun ini akan ada perlombaan kereta kuda tradisional, pertunjukan tari tabut, dan pertunjukan seni dan budaya lainnya serta pameran kebudayaan. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here