Ini Penjelasan Polda Bengkulu Soal Sengketa Lokasi Tambang PT BMQ

0
149

BengkuluKito.Com, – Kepolisian daerah (Polda) Bengkulu menyampaikan terkait pengamanan yang dilakukan pihaknya di lokasi tambang PT BMQ di Tabah Penanjung Kabupaten Bengkulu tengah, guna mencegah potensi terjadinya konflik sosial.

Karena itu, Polda Bengkulu memberikan bantuan kekuatan (personil) kepada Polres Bengkulu Utara untuk pengamanan di lokasi tambang tersebut.

Langkah ini diambil untuk menghindari terjadinya konflik yang semakin memanas.

Demikian disampaikan Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Dede Alamsyah, dilansir dari TribrataNews Bengkulu.Com, Selasa (20/8/2019).

Dijelaskan Dede, bahwa pengamanan yang dilakukan oleh Polda dan Polres Bengkulu utara ini tidak lain untuk pencegahan/antisipasi terjadinya konflik sosial di lokasi tersebut.

“Ini merupakan bentuk tindakan diskresi kepolisian dalam rangka mengantisipasi konflik yang mungkin terjadi antara pihak yang bersengketa,” ujarnya.

Dede mengungkapkan, bahwa pihaknya independen dan tidak berpihak ke salah satu pihak.

“Polri dalam hal ini Polda Bengkulu dan Polres Bengkulu utara independen dan murni menjalankan tugas pengamanan untuk antisipasi konflik sosial bukan karena keberpihakan,” terang Karo Ops.

Ditambahkannya, saat pengamanan kemarin Polda Bengkulu berhasil mengamankan 18 orang warga Rupit Musi Rawas Sumatera Selatan dan 17 orang warga lokal. Bersamaan dengan itu juga diamankan berbagai macam senjata tajam.

“Mereka diamankan sementara, karena menduduki lahan tambang tanpa adanya legalitas,” pungkas Karo Ops.

Sebelumnya, Branch Manager PT Bara Mega Quantum (BMQ) Eka Nurdiyanti Anwar mengungkapkan kekecewaannya dan menilai pihak Polda Bengkulu telah semena-mena melakukan penggeledahan, menurunkan, dan menangkapi anak buahnya tanpa ada pemberitahuan kepada pihaknya. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here