HUT RI ke-74, Ribuan Pendaki Ramaikan Puncak Gunung Kaba

0
130

BengkuluKito.Com, – Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74, ribuan pendaki dari berbagai kota dan provinsi, baik perorangan maupun kelompok memadati puncak Gunung Kaba Kabupaten Rejang Lebong, Sabtu (17/8/2019).

Terhimpun dari anggota Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Gunung Kaba, ada sekitar 7 ribu pendaki memadati puncak Gunung Kaba.

Kedatangan para pendaki ke gunung dengan ketinggian 1953 Mdpl ini, dari yang sekedar hiking hingga melaksanakan upacara di puncak Gunung Kaba, untuk menghargai jasa para pahlawan dalam upaya merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Para pendaki saat di jalur pendakian Gunung Kaba.

Untuk pelaksanaan upacara 17 Agustus 2019 di puncak Gunung Kaba dilaksanakan sekitar pukul 08. 00 WIB, dan diikuti ribuan pendaki baik perorangan, pelajar, Kelompok pencinta alam, Mahasiswa pencinta alam, maupun pihak jasa paket wisata.

Walaupun dengan kendala kekurangan air dikarenakan musim kemarau, tak menjadi halangan bagi para pendaki melaksanakan upacara bendera dengan khidmat.

Hal ini terbukti melonjaknya jumlah pendaki dari 3000 pada tahun lalu, menjadi 7000.

Para pendaki saat menuju puncak Gunung Kaba.

Namun demikian, akibat dari musim kemarau banyak juga pendaki yang mengalami dehidrasi dan sembilan orang pendaki kesurupan.

“Karena libur saja mendaki, sekalian 17-an bawa bendera merah putih. Kalau biasanya upacara di kampus, sekarang di gunung,” ujar salah seorang pendaki, Rama.

Ia berharap, agenda tahunan merayakan kemerdekaan Indonesia di Gunung Kaba dapat dimaknai sebagai bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan alam yang indah untuk Indonesia.

“Kita sudah diberikan alam yang begitu luar biasa, tentunya kita harus bisa merdeka dengan alam yang kita miliki,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang anggota Mahasiswa hukum pencinta alam (Mahupala) Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, Ririn Fransiska Efta.

Ia menyampaikan, pendakiannya ke puncak Gunung Kaba kali ini adalah pendakian perdana dan hanya sekedar hiking saja.

“Saya sangat terharu, masih banyak jiwa-jiwa nasionalisme yang sangat menghargai jasa para pahlawan Indonesia, karena ramainya pendaki yang ingin mengikuti upacara HUT RI ke-74 di atas Gunung Kaba diketinggian 1953 Mdpl,” ungkapnya.

Ririn menyebut, untuk melakukan pendakian itu sendiri cukup menguras tenaga, sehingga dalam melakukan pendakian juga harus mempunyai tenaga yang kuat dan tubuh yang sehat.

“Dalam perjalanan pun terasa menyenangkan, karena kita banyak bertemu atau berkenalan langsung dengan sesama pendaki yang ada di perjalanan maupun ketika sampai di puncak,” tutupnya. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here