Besok Pemilihan Wakil Gubernur, Dewan Siapkan 132 Surat Suara

0
94

BengkuluKito.Com, – Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRD) Bengkulu menyiapkan 132 surat suara untuk pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu periode sisa masa jabatan 2016-2021 yang akan dilakukan besok, Selasa (13/8/2019).

Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu di DPRD Provinsi Bengkulu, Khairul Anwar mengatakan, hanya 44 orang anggota dewan yang memiliki hak suara untuk memilih wakil gubernur. Hal itu mengingat Dedy Ermansyah telah mengundurkan diri sebagai anggota dewan karena menjadi Cawagub.

Terkait dengan jumlah surat suara yang mencapai 132 surat suara, Anwar menerangkan pihaknya sengaja melebihkan jumlah surat suara untuk mengantisipasi jika terjadi pemilihan suara ulang karena terdapat perolehan suara sama antar kedua Cawagub.

“Karena ini jumlah anggota dewannya ada 44 orang, kemungkinan untuk terjadi perolehan suara sama itu ada,” kata Anwar, Senin (12/8/2019).

Selanjutnya, berdasarkan tata tertib pemilihan, pemungutan suara ulang hanya bisa dilakukan sebanyak tiga kali.

Jika lebih dari tiga kali tetap terdapat suara sama maka akan dikembalikan ke partai pengusung. Untuk mekanisme pemilihan dilakukan dengan cara mencoblos nomor urut, foto atau nama Cawagub di surat suara.

Nantinya, sambung Anwar, seluruh surat suara akan dihitung kembali dalam sidang paripurna dan disaksikan seluruh anggota dewan yang hadir.

“Surat suara yang 132 itu kan belum ditandatangani ketua panitia dan sektetaris. Ditandatanganinya, nanti saat anggota dewan dipanggil untuk memilih. Yang tidak hadir ya tidak bisa memilih,” ungkapnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu Syaiful menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Bengkulu untuk pengamanan saat pemilihan.

“Sebanyak 100 anggota kepolisian dari Polda Bengkulu, Polres Kota Bengkulu dan Satuan Brimob akan diterjunkan untuk pengamanan pemilihan di Kantor DPRD Provinsi Bengkulu,” tandasnya.

Diketahui, dewan telah menetapkan dua orang Cawagub yang akan dipilih yakni Dedy Ermansyah dan Muslihan DS.

Berkas keduanya dianggap lengkap dan memenuhi syarat, serta telah menetapkan nomor urut dua orang calon wakil gubernur (Cawagub) yakni nomor urut 01 Dedy Ermansyah dan nomor urut 02 Muslihan DS. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here