20 Titik LPJU Kawasan Tapak Paderi Diduga Dirusak

0
100

BengkuluKito.Com, – Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) kawasan Tapak Paderi Benteng Malborough diduga dirusak orang tak bertanggungjawab dengan mengambil atau mencuri arus api dari tiang LPJU, yang saat ini belum diketahui identitasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Bardin Andusti saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengrusakan aliran listrik pada 2 tiang LPJU yang berada di sepanjang sekitaran kawasan Tapak Paderi.

“Kami mendapat laporan dari warga bahwa LPJU yang berada di sekitar kawasan Benteng Malborough mati total atau tidak berfungsi seperti biasanya,” kata Bardin Jum’at (9/8/2019).

Setelah dapat laporan dari masyarakat, terang Bardin, tim Dishub Kota yang bertanggungjawab atas LPJU langsung turun ke lokasi untuk melihat dan mengetahui penyebab mati total pada 20 titik LPJU sekitar kawasan tersebut.

“Ternyata setelah kita crosscheck, penyebabnya akibat konsleting alur jaringan api listrik pada LPJU,” ujarnya.

Hal ini, lanjut Bardin, dikarenakan adanya ulah oknum yang dengan sengaja mengambil aliran listrik dengan memasang kabel penghubung untuk kepentingan tertentu.

Bardin menambahkan, jaringan listrik ini menggunakan alur paralel. Jadi, jika adanya konseleting api listrik pada satu tiang LPJU saja akan menyebabkan padamnya seluruh LPJU yang tersambung paralel api listrik untuk sekitar 20 titik LPJU tersebut.

Kedepan, Bardin mengimbau agar seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk menjaga dan tidak merusak LPJU yang terpasang di sepanjang jalan Kota Bengkulu, dari Bandara Fatmawati Soekarno hingga Kampung Cina.

“Mohon dukungan dan partisipasi masyarakat Bengkulu. Mari kita wujudkan program yang digagas Walikota Bengkulu, Helmi Hasan untuk mewujudkan Kota Bengkulu Terang Benderang,” imbaunya.

Diketahui, Dishub Kota Bengkulu saat ini sedang mengerjakan penggantian lampu pada LPJU yakni 412 titik LPJU akan diganti dengan lampu LED yang sebelumnya menggunakan lampu konvensional. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here