47 Bundel Dokumen Berhasil Disita Timsus Kejari

0
172

BengkuluKito.Com, – Sebanyak 47 bundel dokumen berhasil disita Timsus Kejari Bengkulu dari lokasi penggeledahan.

Lokasi penggeledahan tersebut yakni, Kantor Lurah Bentiring dan Kantor Camat Muara Bangkahulu.

Dokumen yang disita terkait dengan aset lahan Pemkot Bengkulu seluas 62 hekar di Bentiring.

Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan menjelaskan, hari ini memang pihaknya melakukan penggeledahan di dua tempat, yakni di Kantor Camat Muara Bangkahulu, dan sebelumnya tim penyidik juga sudah melakukan kegiatan penyitaan dan penggeledahan di Kantor Lurah Bentiring.

“Jadi, sesuai dengan surat izin penyitaan dan penggeledahan dari Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu, yang kita peroleh kemarin tertanggal 7 Agustus 2019. Kita memang sudah meningkatkan penanganan kasus ini di tingkat penyidikan hari ini, sehingga kita sudah mulai melakukan langkah-langkah upaya paksa penyitaan dan penggeledahan,” jelasnya, Kamis (8/8/2019).

Kemudian, kata Emilwan, tindakan penyitaan dan penggeledahan ini sesuai KUHAP. Tentunya dalam rangka untuk membuat terang tindak pidana tersebut dan guna menemukan tersangka dari pada tindak pidana ini.

“Saya kira cukup banyak yang kita dapatkan tadi, dari Kantor Lurah Bentiring sekitar 47 bundel. Cukup banyak, karena memang di level kelurahan itu kegiatan yang bersentuhan langsung dengan proses penjualan aset tersebut,” terangnya.

Sementara kalau di kecamatan, lanjut Emilwan, tidak lebih banyak karena kaitannya dengan pengadministrasian atau camat sebagai yang mengetahui.

Terkait berkas yang disita itu? Emilwan menjawab, berkas tersebut terkait dengan pelepasan aset yang bukan hanya 8 hektar saja, akan tetapi bundel berkas itu semua yang terkait dengan lahan aset 62 hektar.

“Jadi gini, penyitaan itu dilakukan terhadap barang bukti yang bisa saja berhubungan langsung dengan perkara tersebut atau berkaitan langsung dengan perkara yang dimaksud,” ungkapnya.

“Saya kira begitu, kalau kita sudah menetapkan penyelidikan berarti kita sudah mempunyai dua alat bukti dan memiliki bukti permulaan yang cukup untuk menaikkan perkara tersebut. Tapi yang pasti, kita akan melakukan langkah-langkah untuk mencari alat bukti lagi kemudian menemukan tersangka dari pada kasus ini,” pungkasnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here