BMKG Bengkulu Tambah Alat Sensor Pemantau Gempa

0
70

BengkuluKito.Com, – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu akan menambah 5 selter atau alat sensor pemantau gempa bumi yang akan pasang dibeberapa wilayah di Provinsi Bengkulu.

Disampaikan Kepala BMKG Bengkulu, Kukuh Ribudiyanto, 5 selter tersebut akan ditempatkan di daerah Mukomuko, Seluma, Kaur dan Bengkulu Utara akan dipasang di dua tempat

“Pada intinya, ada sumber gempa di bukit barisan yang disebut dengan patahan semako atau biasa disebut dengan patahan gempa,” ucapnya, Selasa (6/8/2019).

Kukuh menyebut, di samping sebelah barat Bengkulu itu ada lempengan dan juga sumber gempa di daratan patahan semako, serta patahan musi hulu di Kepahiang.

“Keduanya kita pantau dan kita beri sensor di kanan-kirinya. Hal itu dilakukan agar lebih akurat dalam mendeteksi gempa apabila terjadi, dan tidak terlalu signifikan pemuktahiran datanya,” jelasnya.

Jadi, untuk total sensor yang sudah terpasang di Bengkulu ada 9 sensor yang terbagi menjadi beberapa wilayah dan ditambah 5 sensor yang baru saja ditambahkan.

“14 sensor yang terpasang tersebut mudah-mudahan akurasi yang ditangkap pada saat getaran gempa lebih cepat. Karena berdasarkan SOP, kita (BMKG) harus menginformasikan kepada masyarakat dalam waktu 5 menit dengan data seadanya,” terang Kepala BMKG Bengkulu.

Selain sensor, kata Kukuh, BMKG juga memantau melalui CCTV yang terpasang terkait potensi tsunami dengan memantau daerah lautan untuk melihat kedatangan tsunami. Rencananya akan di tempatkan di daerah Mukomuko

“Rencananya akan kita tempatkan di sana (Mukomuko). Tapi tergantung lelangnya berhasil atau tidak, karena memang sulit untuk jenis CCTV nya, sebab CCTV nya khusus. Di malam hari pun masih terlihat jelas, dan itu harus di outdoor dan diletakan di menara,” tandasnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here