Tabut 2019, Ketua KKT: Tugu Dol – Cina Town Harus Steril dari Pedagang

0
134

BengkuluKito.Com, – Jelang Festival Tabut 2019, Ketua Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu, A. Syiafril Syahbuddin meminta Tugu Dol sampai Cina Town harus steril dari pedagang, agar acara ini bisa masuk dalam 10 Calender Of Event pada tahun 2020 mendatang.

Disampaikan Syiafril, tahun 2018 Festival Tabut sudah masuk 100 Calender Of Event dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

“Untuk tahun 2019 ini kita sudah meningkat menjadi 30 Calender Of Event, sehingga kedepan tahun 2020 festival tabut ini bisa masuk kedalam 10 Calender Top Event,” katanya, Senin (5/8/2019).

Untuk meningkatkan hal itu, lanjut Syiafril, maka perlu adanya perubahan yang lebih baik lagi. Mulai dari segi arena, hingga ke acara festival tabut itu sendiri.

“Untuk arena jangan lagi terkesan seperti pasar dusun masuk ke tengah kota. Karena itu, kami telah sepakat kepada Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Provinsi Bengkulu bahwa dari Tugu Dol hingga ke Cina Town itu harus kosong dan steril dari para pedagang,” terangnya.

Hal ini dilakukan, jelas Syiafril, supaya cagar budaya yang ada di Bengkulu tetap terlihat dan bisa dikunjungi para wisatawan.

Ia menambahkan, dari tahun ke tahun festival tabut khususnya komunitas Tabut Bencoolen terus melalukan perbaikan untuk menjadi lebih baik, namun hal itu tidak pada arena festival tabut yang menurutnya masih kacau-balau atau berantakan.

“Parkirnya masih sembarangan, para pedagang masih berjualan di bagian sirkulasi lalu lintas dan tahun ini akan kita sterilkan dari hal-hal seperti itu,” tegasnya.

Kalau dari Dinas Pariwisata dan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sudah fix untuk disterilkan, tapi untuk pemerintah kota sendiri belum diketahui iya atau tidaknya karena masih menganggap festival tabut 2019 dapat menghasilkan PAD.

“Kita tahu bahwa PAD itu didapat dari pajak hotel dan restoran bukan dari festival tabut ini, ” tutup Syiafril.

Terhimpun, penataan tenda-tenda yang berada di luar arena festival tabut dikelola oleh Pemerintah Kota Bengkulu, sehingga keluarga kerukunan tabut sendiri berkoordinasi pada pihak terkait mengenai penataan arena festival tabut 2019 dan belum menemukan kata sepakat. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here