Hadiri! Konsultasi Hukum Gratis Bagi Warga Kurang Mampu

0
774

BengkuluKito.Com, – Guna memberikan kesadaran dan pemahaman hukum terhadap warga kurang mampu, Sabtu (3/8/2019) sekitar pukul 10 WIB, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Respublica bekerjasama dengan Desa Talang Pauh Kabupaten Bengkulu Tengah akan menggelar konsultasi hukum gratis.

Kegiatan tersebut akan digelar di Balai Desa Talang Pauh, dengan beberapa konsultan hukum sekaligus praktisi hukum yakni, Firnandes Maurisya, Fitriansyah, Satria Budhi Pramana, Aprinaldi, dan Khairunisyah.

Disampaikan Direktur LBH Respublica, Irvan Yudha Oktora, permasalahan hukum di Indonesia terjadi karena beberapa hal, antara lain diakibatkan oleh lemahnya sistem peradilan, buruknya mentalitas aparatur hukum, inkonsistensi penegakan hukum, intervensi kekuasaan, maupun produk hukum i-relevan.

“Kondisi ini diperburuk dengan rendahnya kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat itu sendiri,” terangnya, Jum’at (2/8/2019).

Kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat yang rendah ini, sambung Irvan, dapat berupa ketidakmengertian masyarakat akan hukum yang berlaku maupun ketidaktahuan mereka atas bantuan hukum yang merupakan hak dari orang miskin yang dapat diperoleh tanpa bayar (pro bono publico).

Sehingga, kata Irvan, setiap orang dapat memperoleh haknya untuk mendapatkan layanan hukum.

Orang kaya ataupun berkecukupan dapat menyewa jasa pengacara, begitu juga orang miskin yang tidak dapat menyewa jasa pengacara, tetap dapat menerima bantuan hukum sebagai penjabaran persamaan hak di hadapan hukum.

Irvan mengungkapkan, profesi advokat sesungguhnya dikenal sebagai profesi yang mulia (Officium Mobile), karena mewajibkan pembelaan kepada semua orang tanpa membedakan latar belakang ras, warna kulit, agama, budaya, dan sosial ekonomi.

“Profesi advokat bukan sekedar mencari nafkah semata, tetapi juga harus memperjuangkan nilai idealisme dan moralitas. Karena itu, LBH Respublica bekerjasama dengan Desa Talang Pauh Kabupaten Bengkulu Tengah mengadakan kegiatan konsultasi hukum secara gratis,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Irvan, konsultasi hukum tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman terkait dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here