Gubernur Minta ASN Lulusan IPDN Jadi Pelopor Reformasi Birokrasi

0
47

BengkuluKito.Com, – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang ditempatkan di Pemprov Bengkulu dan Pemerintah daerah kabupaten atau kota se-Provinsi Bengkulu, untuk menjadi aktor atau pelopor reformasi birokrasi dan revolusi mental.

Hal tersebut disampaikannya saat hadir dan memberikan arahan pada Serah Terima dan Penempatan Penugasan ASN lulusan IPDN Angkatan XXV Tahun 2018 pada Pemda Provinsi Bengkulu dan Pemda kabupaten atau kota se-Provinsi Bengkulu, di Ruang Pola Provinsi Bengkulu, Kamis (1/8/2019).

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat memberi arahan kepada ASN lulusan IPDN Angkatan XXV Tahun 2018

Kata Rohidin, ini merupakan tugas yang tidak ringan namun sangat mulia, karena lulusan IPDN yang akan mengabdi di Bumi Rafflesia telah digembleng sedemikian rupa selama dalam masa pendidikan untuk menjadi pamong dan birokrat sejati.

“Tentu kita harapkan mereka ini bisa menjadi pelopor reformasi birokrasi maupun revolasi mental, dan tentu juga mereka mestinya lebih siap untuk masuk dunia kerja karena di IPDN programnya sudah tentang pemerintahan,” jelas Rohidin.

Selain itu, untuk para ASN lulusan IPDN yang berjumlah 24 orang dan disebar di Pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten atau kota, masing-masing 2 hingga 3 orang, juga diharapkan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan masyarakat.

Foto bersama Gubernur Rohidin dengan 24 ASN lulusan IPDN.
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyalami para ASN lulusan IPDN.

“Kita juga berharap, mudah-mudahan mereka akan cepat beradaptasi dengan lingkungan untuk menjadi bagian jajaran ASN Bengkulu,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Akbar Ali, mengatakan berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 34 Tahun 2019 tentang Penempatan Tugas Lulusan IPDN, bahwa lulusan IPDN akan melaksanakan orientasi penugasan sekaligus ditempatkan secara lintas provinsi.

Penempatan Penugasan ASN IPDN ini, sambung Akbar Ali, dalam rangka membantu pelaksanaan tugas pemerintah daerah untuk semakin fokus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara merata di seluruh pelosok tanah air.

Sebagaimana telah dilakukannya peningkatan infrastruktur, SDM juga memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Jadi mereka ini, termasuk yang ditempatkan di Bengkulu ini akan bertugas per 1 Agustus 2019 berstatus PNS Kemendagri. Kemudian, akan ditetapkan sebagai ASN daerah tempat penugasan masing-masing terhitung 1 Oktober 2019,” paparnya.

Diketahui, lulusan ASN IPDN Angkatan XXV Tahun 2018 se-Indonesia berjumlah 1457 orang. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here