17 Pansel Wagub Terbentuk, Berikut Nama-namanya

0
75

BengkuluKito.Com, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi sudah menetapkan 17 orang Panitia seleksi (Pansel) pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu masa jabatan 2019-2021, Selasa (30/7/2019).

Ketua Pansel Wagub, Khairul Anwar mengatakan, setelah dibentuk Pansel segera bekerja menetapkan jadwal kerja rangkaian pemilihan Wagub di DPRD Provinsi Bengkulu.

Rangkaian pemilihan Wagub tersebut, sambung Khairul, meliputi verifikasi persyaratan Cawagub, penetapan Cawagub, pemaparan visi dan misi, dan pemilihan wakil gubernur.

Selain itu, Pansel juga akan menetapkan tata tertib dan mekanisme pemilihan wakil gubernur.

“Nanti setiap calon akan kita undang untuk mereka menyiapkan pesyaratan. Kita buat schedule dulu,” ucapnya.

Selanjutnya, schedule itu akan diserahkan ke pimpinan dewan untuk dimasukan dalam agenda Banmus.

Khairul menambahkan, nantinya Pansel juga akan mempertimbangkan untuk melakukan kunjungan kerja ke daerah yang telah melakukan pemilihan Wagub seperti Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Jambi.

“Pansel juga akan mengagendakan koordinasi bersama Kementerian Dalam Negeri,” tambahnya.

Disisi lain, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto meyakini Pansel Wagub yang sudah dibentuk ini akan bekerja secara profesional.

“Saya yakin pemilihan Wagub di DPRD provinsi ini akan bersih dan nyaman. Mari kita sambut pemilihan ini dengan menghormati aturan yang ada,” ungkapnya.

Selain itu, Suharto menilai sah-sah saja bila dua Cawagub mulai melakukan pendekatan kepada anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Hal itu dianggapnya sebagai sebuah proses politik yang wajar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti berharap proses pemilihan wakil gubernur di DPRD Provinsi Bengkulu dapat berjalan lancar dan dapat segera memilih wakil gubernur.

“Terlepas siapa pun yang terpilih, kita berharap itu adalah yang terbaik,” singkatnya.

Diketahui, Pansel Cawagub terdiri dari perwakilan seluruh fraksi di DPRD Provinsi Bengkulu. Pansel ini dipimpin fraksi PDI Perjuangan, Khairul Anwar sebagai ketua merangkap anggota dan dari fraksi Gerindra, Jonaidi sebagai wakil ketua merangkap anggota.

Sedangkan, lima belas anggota Pansel lainnya yakni Helmi Paman dan Agung Gatam dari fraksi PDI Perjuangan, Bambang Susino dan Muharamin dari fraksi Demokrat, Irwan Eriadi dari fraksi Gerindra, Mulyadi Usman dan Raharjo Sudiro dari fraksi Golkar.

Selanjutnya, Parial dan Inzani Muhamad dari fraksi PAN, Tantawi Dali dan Darman dari fraksi Nasdem, Johari Salim dan Seption Muhadi dari fraksi Kebangkitan Nurani, Maras Usman dan Sefty Yuslinah dari fraksi Keadilan dan Pembangunan. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here