Redam Impor, HIPO Siap Pasarkan Produk Lokal Secara Online

0
343

BengkuluKito.Com, – Dalam rangka turut meredam barang impor terus tumbuh dengan pesat di pasar Indonesia, Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional sepakat memasarkan produk lokal secara online.

Hal tersebut disampaikan Dewan Pembina DPP HIPO Internasional, Usin Abdisyah Putra Sembiring dalam acara seminar dan pelantikan DPD HIPO Internasional Sumatera Selatan di Hotel Beston, Sabtu (27/7/2019).

Peserta seminar dan pelantikan DPD HIPO Internasional Sumatera Selatan.

“Dalam HIPO Internasional diisi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) kita sendiri. Kita akan memasarkan barang-barang lokal ke para konsumen yang ada di Indonesia dan Sumsel secara khusus,” ucapnya.

Menurut Usin, gelombang sampah (barang impor) dari negara maju dan berkembang terus bermunculan, karena Indonesia target pengusaha asing ataupun perusahaan yang mengolah 85 persen komponen barang impor.

“Ada satu perusahaan yang menjadikan target kita sebagai marketing. Kita tidak sadar bahwa kita hanya dimanfaatkan perusahaan tersebut sebagai kuli dengan ditunjuk sebagai anak buah atau marketing dari produsen tersebut untuk memasarkan barang impor di negeri kita,” katanya.

Sebagai marketing atau penjual barang impor dari India maupun China, lanjut Usin, Indonesia ditempatkan di posisi yang layak dan terhormat dalam perusahaan tersebut, dengan gaji yang besar.

“Padahal itu akan membuat kita akan selalu kalah untuk bersaing dalam memasarkan produk lokal yang lahir dari UKM maupun UMKM,” ujarnya.

Dengan adanya HIPO Internasional ini, dapat meningkatkan ekonomi dan produk sehingga dapat berkembang dan bersaing dari produk impor.

“Kondisi inilah yang terjadi dengan bangsa kita saat ini, oleh karena itu kita harus lawan dengan kreativitas yang terus lahir dari kita sendiri,” terangnya.

Dijelaskannya, produk dalam negeri tidak kalah dengan produk impor, oleh karena itu agar produk lokal mampu bersaing dengan produk luar harus memiliki strategi dalam memasarkanya.

Salah satunya dengan menggunakan jaringan internet, itulah yang dilakukan oleh HIPO selama ini.

“Pemerintah sudah membangun jaringan internet ke berbagai pelosok daerah. Dengan jaringan yang ada, harus kita manfaatkan untuk memasarkan produk yang kita jual,” jelasnya.

Usin menjamin bahwa HIPO tidak akan dibeli oleh perusahaan maupun pengusaha asing karena yang memiliki saham HIPO adalah anggota HIPO itu sendiri.

”Anggota HIPO secara nasional sudah tersebar di berbagai daerah dan provinsi, ini menjadi kekuatan bagi HIPO untuk terus berkembang lagi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Kadin, H Eddy Ganefo MM mengapresiasi apa yang dilakukan oleh HIPO dalam mengembangkan usahanya.

”visi misinya bagus mengangkat pengusaha UKM maupun UMKM, sehingga pelaku usaha yang tergabung dalam HIPO dapat berkembang dan maju lagi,” ujarnya.

Menurut Eddy, jika tidak mengikuti zaman maka akan banyak yang gulung tikar atau tutup.

Ia mencontohkan, seperti transportasi online lebih maju dan berkembang dibandingkan dengan transportasi konvensional yang mulai gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan pengusaha online.

Disisi lain, Sekretaris DPD HIPO Sumsel, Henriko mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada dua agenda, pertama seminar yang kedua adalah pelantikan pengurus DPD HIPO Sumsel.

”Peserta yang hadir 1500-2000 peserta,” katanya.

Ia menjelaskan, kedepan pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota sehingga semakin banyak masyarakat yang bergabung dalam HIPO.

“Bukan hanya produk, namun kita juga menjual produk kuliner dan lainnya,” tutupnya.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut HIPO memberikan reward kepada dua anggota HIPO berupa dua motor dan untuk masyarakat yang hadir juga mendapatkan beras yang disediakan sebanyak 3 ton. Bukan hanya itu saja, pihak HIPO juga memberikan doorprize. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here