35 Karya Seni Rupa Bengkulu Dipamerkan di Taman Budaya

0
39

BengkuluKito.Com, – Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto membuka pameran seni rupa, kerjasama Taman Budaya dan Komunitas Seni Rupa Bengkulu, Sabtu (27/7/2019).

Pameran kali ini mengangkat tema “Dari Bengkulu Untuk Indonesia”.

“Saya sampaikan apresiasi yang sedalam dalamnya atas proses kreatif dan karya para seniman Bengkulu dalam menjaga denyut jantung seni rupa Bengkulu,” ujar Gotri dalam sambutannya.

Dikatakan Gotri, berbagai potensi alam dan seni budaya Bengkulu seperti Rafflesia Arnoldi, motif Besurek, Aksara Kaganga, memiliki keunikan dan kekhasan yang bisa dieksplore oleh para perupa, agar kekuatan seni rupa Bengkulu hadir di kancah nasional dan internasional.

Perjalanan sejarah Bengkulu yang unik dan menarik, terang Gotri, sebagai mata rantai warisan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Dengan berbagai peninggalan sejarah dan budaya, Gotri berharap mampu menginspirasi para seniman Bengkulu untuk menghadirkannya kembali dalam berbagai media rupa.

Sehingga, kata Gotri, kekuatan kearifan lokal tersebut dapat menjadi keunggulan yang bersifat kompetitif dan mempunyai nilai tambah.

Dia menambahkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini UPTD Taman Budaya selaku dapur para seniman dituntut untuk pro aktif dan bisa mengambil peran yang tepat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya seniman rupa dan event kesenirupaan Bengkulu.

“Banyak hasil karya perupa Bengkulu ini yang levelnya sudah ditingkat pameran nasional. Kita berharap event seperti ini semakin banyak digelar agar memotivasi para seniman untuk lebih baik lagi dalam berkarya,” pungkasnya.

Acara yang terbuka untuk umum ini menampilkan 35 karya lukisan seniman Bengkulu, terpajang rapi di Gedung Olah Seni Taman Budaya dari tanggal 26 Juli – 5 Agustus 2019.

Sementara itu, Kepala Taman Budaya Provinsi Bengkulu Samsun, menuturkan karya seni rupa yang dipamerkan diharapkan dapat menyajikan karya seni terbaik dari koleksi perupa Bengkulu.

Sebagai upaya memperkenalkan keunggulan budaya lokal sekaligus memotivasi para seniman untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Diketahui, pameran seni rupa ini juga diselenggarakan untuk mencari perupa dan lukisan terbaik, yang akan dikirim ke pameran pagelaran seni se-Sumatera (PPSS) di Provinsi Lampung September mendatang. (Rillis/RC) 

Leave a Reply